Pekerjaan Baru Pasca Resign Tak Sesuai Ekspektasi, Bagaimana Menghadapinya?

Beragam rencana yang telah kamu siapkan memang belum tentu selalu berjalan lancar. Termasuk untuk urusan pekerjaan baru pasca resign. Belum tentu pekerjaan baru tersebut sesuai ekspektasi dan lebih baik daripada pekerjaan lama.

Kalau kamu sedang berhadapan dengan pekerjaan baru pasca resign yang tak sesuai ekspektasi bagaimana cara mengatasinya?

Beradaptasi dalam Kurun Waktu Tertentu

Meskipun pekerjaan baru pasca resign tidak sebaik yang kamu bayangkan, bukan berarti kamu boleh menyerah dengan keadaan tersebut. Alangkah lebih baik bila kamu mencoba beradaptasi dalam kurun waktu tertentu, misalnya selama masa percobaan masih berlangsung. Siapa tahu kamu berhasil beradaptasi dan mulai menemukan ritme karier yang tepat.

Baca Juga: Risiko yang Bisa Terjadi jika Resign Sebelum Dapat Pekerjaan Baru

Berkenalan dengan Banyak Orang

Berkenalan dengan banyak orang bisa memberikan beragam pengalaman yang belum kamu miliki sebelumnya. Meskipun pekerjaan baru pasca resign belum membuatmu nyaman, bukan berarti kamu tak dapat menjalin relasi yang baik di lingkungan kerja yang baru.

Cobalah berkenalan dengan banyak orang supaya kamu punya jangkauan relasi yang luas. Jalinan relasi tersebut pasti akan mendatangkan manfaat bagi dirimu di masa mendatang.

Mengidentifikasi Kelebihan dan Kekurangannya

Jangan selalu berpikiran negatif dalam menilai hal-hal di sekitarmu. Pekerjaan baru pasca resign memang belum tentu membuat kamu betah. Namun, kamu bisa mencoba mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya untuk membandingkan dengan pekerjaan lama.

Jika ternyata pekerjaan baru memberikan banyak keuntungan dibandingkan pekerjaan lama, maka sebaiknya kamu bertahan dan mencoba beradaptasi secara lebih maksimal.

Meluangkan Banyak Waktu untuk Diri Sendiri

Walaupun kamu disibukkan dengan setumpuk pekerjaan baru pasca resign, bukan berarti kamu tak butuh waktu untuk diri sendiri. Justru kamu harus meluangkan waktu untuk rehat sejenak, menikmati aktivitas favorit sendirian atau bersama keluarga. Hal sederhana ini akan membantumu berpikir jernih sekaligus meningkatkan produktivitas kerja di tempat baru.

Mempertimbangkan Keputusan Resign

Keputusan resign lagi karena pekerjaan baru setelah resign yang tidak sesuai ekspektasi bukanlah hal yang keliru. Kalau kamu memang tak bisa bertahan di lingkungan kerja baru, tak ada salahnya memutuskan resign lagi, misalnya setelah bekerja selama enam bulan hingga satu tahun. Lakukan keputusan secara bijak demi mendukung kenyamanan serta peningkatan jenjang karier.

Jadi, tak perlu terlalu kecewa kalau pekerjaan baru ternyata membuatmu tidak nyaman. Kamu hanya perlu melakukan yang terbaik bagi diri sendiri agar selalu produktif dan bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here