Merasa Terlambat Memulai Karier? Tenang, Kamu Nggak Gagal Kok!

Terlambat memulai karier sering dirasakan beberapa orang yang merasa telat lulus kuliah. Rata-rata orang lulus kuliah pada usia 22 hingga 23 tahun. Tapi, ada juga loh yang harus berjuang menyelesaikan kuliah hingga usia 25 tahun.

Alhasil, orang tersebut pun terkesan terlambat memulai karier dibandingkan teman-teman sebayanya. Andai kamu juga tengah berada di posisi yang sama, jangan buru-buru sedih atau kecewa ya. Berikut beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh menyerah meski dicap “terlambat”.

Tidak Perlu Larut dalam Penyesalan

Kamu tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi. Ingat dan pegang selalu prinsip sederhana tersebut. Terima saja kalau kamu memang tidak seberuntung teman-temanmu yang bisa lulus kuliah tepat waktu.

Jangan terlalu lama menyesal karena itu membuang-buang waktu. Bukankah lebih beruntung terlambat memulai karier daripada sudah bertahun-tahun lulus tapi tak kunjung bekerja? Syukuri saja apa yang sudah kamu lalui dan jalani sekarang, yang penting hidupmu terus berjalan.

Abaikan Komentar Menjatuhkan

Kamu mungkin juga pernah mendapatkan komentar kurang menyenangkan dari orang-orang di sekitarmu. Entah itu keluarga, teman, hingga tetangga. Tenang saja, teman-teman yang lebih dulu bekerja pun juga tidak serta merta lebih sukses dari kamu kok.

Baca Juga: Work Abroad: Pentingnya Memiliki Visi Besar dalam Hidup

Jangan pernah mendengarkan komentar yang menjatuhkan. Orang lain boleh saja berkomentar apa pun atas hidupmu, tapi tetap saja kendali hidupmu ada pada dirimu. Jalan saja terus dan percaya saja pekerjaanmu yang sekarang dapat membawamu pada kesuksesan meski dimulai agak “terlambat”.

Fokus Mengasah Skill

Terlambat memulai karier juga kadang bisa membuatmu minder karena merasa kurang pengalaman. Wajar saja kalau kamu merasa kurang karena memang temanmu lebih duluan berkarier. Namun, bukan berarti kesempatan belajarmu hilang kan?

Fokuslah untuk terus mengasah skill yang berhubungan dengan pekerjaanmu. Kejar ketertinggalanmu dengan usaha yang tekun dan sikap mau belajar. Percaya deh, bisa saja kok kamu menyalip rekan-rekan kerjamu yang sudah bekerja jauh sebelum kamu.

Nikmati Proses Berkarier

Meski terkesan terlambat memulai karier, kamu tetap saja menikmati proses dalam berkarier. Kamu sama-sama mengawali karier dari bawah seperti orang lain. Jadi, jangan pedulikan kapan kamu memulai, melainkan apa saja yang kamu dapatkan sepanjang berproses kelak.

Saat kamu bisa menikmati prosesnya, kamu akan lebih menghargai semua perjuanganmu dari titik bawah hingga titik atas kelak. Kamu tidak akan pernah lupa bahwa kerja cerdas selalu membuahkan hasil yang manis.

Jadi, jangan minder lagi ya kalau merasa terlambat memulai karier! Tetap semangat dan tekunlah dalam pekerjaanmu. Kesuksesan tidak bisa diukur dari usiamu saja kok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here