Rekan Kerjamu ‘Kepo’? Ini Cara Bijak untuk Mengatasinya

Di kantor atau tempat kerja, kamu tentunya harus berinteraksi dengan rekan kerja. Namun, kalau rekan kerjamu kepo, kamu pasti merasa tidak nyaman. Akibatnya, pekerjaan bisa terbengkalai. Di sisi lain, kamu tetap harus menghadapi rekan kerja yang kepo dengan cara yang bijak.

Kepo adalah istilah jaman sekarang bagi orang yang selalu ingin tahu urusan orang lain. Jangan salah, kepo juga merupakan bentuk perhatian orang lain kepadamu.

Namun, kalau sudah berlebihan, akibatnya tentu merugikan. Berikut ini tips menghadapi rekan kerja yang kepo yang bisa kamu coba.

Pastikan Rekan Kerjamu Benar-benar Kepo

Kamu tidak boleh menuduh rekan kerjamu kepo sebelum bisa memastikannya. Biasanya, kamu bisa mengetahuinya lewat tindak-tanduknya. Perhatikan apakah rekan kerjamu sering mengintip hasil kerjamu.

Perhatikan pula apakah rekan kerjamu sering menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi. Jika ini terjadi, maka kemungkinan besar rekan kerjamu kepo dan kamu bisa mewaspadainya.

Batasi Komunikasi dengan Sopan

Kalau kamu sudah memastikan bahwa rekan kerjamu kepo, batasi komunikasi dengannya. Cobalah untuk tidak berkomunikasi di luar hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Batasi pula durasi komunikasi.

Namun, jika ingin mengakhiri pembicaraan, lakukan itu dengan sopan. Ingat, kamu dan rekan kerjamu bekerja untuk perusahaan yang sama. Karenanya, kamu dan rekan kerjamu punya tujuan yang sama.

Baca Juga: Jangan Tulalit! Kuasai Teknik Membangun Komunikasi di Tempat Kerja

Batasi Diri dengan Membatasi Interaksi

Ada kalanya, rekan kerja yang kepo terus menganggu meski kamu sudah membatasi komunikasi. Untuk itu, kamu harus tegas membatasi diri. Caranya dengan mengurangi interaksi. Jika perlu, sampaikan kepadanya bahwa kamu tidak ingin banyak berinteraksi dengannya.

Hal ini membawa konsekuensi negatif, namun jika rekan kerjamu memperlakukanmu dengan cara yang negatif, kamu punya hak untuk tetap merasa nyaman bekerja.

Sampaikan ke Atasan bahwa Rekan Kerja Sering Kepo

Kalau kamu tetap merasa tidak nyaman akibat perlakuan rekan kerja yang kepo, kamu bisa menyampaikan permasalahanmu ke atasan. Sampaikanlah dengan cara yang obyektif. Atasanmu mungkin saja memiliki solusi untuk permasalahan yang kamu miliki.

Melirik Pekerjaan Lain

Kalau atasanmu tidak bisa mengatasi permasalahanmu, mungkin saatnya kamu mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaanmu yang sekarang dan mencari pekerjaan baru. Namun, pertimbangkan hal itu baik-baik. Pasalnya, berhenti dari pekerjaan juga menimbulkan konsekuensi tersendiri.

Selain itu, bukan tidak mungkin, di tempat kerjamu yang baru nanti, kamu akan menjumpai rekan kerja yang memiliki kebiasaan serupa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here