Grogi Interview dengan Pewawancara Lebih Muda? Lakukan Tips Berikut!

Grogi Harus Interview Dengan Pewawancara Lebih Muda? Lakukan Tips Berikut!
Sumber: Newstodaynetwork

Kamu menerima undangan interview kerja bersama perusahaan impian? Namun persiapan kamu sedikit terusik ketika mengetahui usia rekruter atau pewawancara lebih muda dari kamu.

Beberapa orang memang tidak mempermasalahkan perbedaan usia, tetapi adakalanya hal ini menjadi ganjalan. Kamu pun menjadi grogi sebelum wawancara. Tenang saja, ada tips untuk mengatasinya.

Tips menghadapi pewawancara lebih muda dibeberkan Steven J. Lindner, PhD, seorang partner eksekutif di The Workplace Group New Jersey. Simak yuk!

Tips Melakukan Interview dengan Pewawancara Lebih Muda

Tinggalkan Angka Usiamu di Rumah

perusahaan tidak sehat
Sumber : ivyexec

Pewawancara yang akan mewawancaraimu mungkin usianya sebaya dengan keponakanmu, namun itu bukan berarti kamu dapat berbicara dengan mereka seperti anak kecil.

Jangan berkomentar mengenai bagaimana mereka bisa memiliki pekerjaan hebat di usia yang masih muda. Menurut Lynne Lancaster, penulis The M-Factor: How the Millenial Generation is Rocking the Workplace, kamu mungkin berpikir ucapan itu berupa sanjungan. Nyatanya, pewawancara akan menangkapnya seperti, “Sungguh mengherankan ada orang yang masih begitu muda bisa melakukan sesuatu yang begitu besar”.

Jadi, biarpun kamu akan diinterview oleh pewawancara lebih muda dan ada perbedaan umur yang mencolok, jangan pernah melakukan hal ini. Karena situasi akan menjadi canggung. Lebih baik fokuslah untuk menghilangkan keraguan kamu atas usia  muda si pewawancara.

Fokuslah pada Pengalaman Terbarumu

Sumber : Kelly Services

Resume kamu mungkin berisi daftar pekerjaan yang pernah kamu lakukan sejak lulus kuliah. Kamu bisa bangga akan hal itu, namun meskipun pekerjaan itu mengesankan, pewawancara lebih muda tidak akan peduli dengan yang terjadi sebelum ia lahir atau ketika ia masih berusia belasan tahun.

Pendekatan lebih baik yang dapat kamu lakukan adalah berbicara mengenai pengalamanmu kurun 10 tahun dan yang relavan dengan peran kerja baru ini. Pewawancara tertarik dan ingin tahu tentang apa yang sudah kamu lakukan hari ini dan yang akan kamu lakukan.

Ajukan Pertanyaan dan Dengarkan dengan Baik Jawabannya

resume untuk melamar di startup
Sumber: entrepreneur

Ketika kamu diinterview oleh pewawancara lebih muda, sebagai orang yang diwawancarai dan berpengalaman, kamu tahu dengan baik perlunya mempersiapkan diri dengan menyediakan daftar pertanyaan berbobot ketika kamu diajukan pertanyaan, ‘Apakah ada yang perlu ditanyakan?’.

Pastikan kamu membuat sebuah catatan mengenai daftar pertanyaan dan beri perhatian atas jawaban yang diberikan. Kekhawatiran umum dari bos lebih muda adalah pegawai lebih tua akan mendorong mereka melakukan sesuatu sesuai dengan caranya. Calon bos kamu tentu ingin tahu apakah kamu akan mendengarkan visi mereka dan bagaimana peran kamu untuk mewujudkannya.

Baca Juga: Hati-Hati saat Menjawab 3 Pertanyaan Wawancara Jebakan Berikut Ini

Poles Keterampilan yang Diperlukan

Sukses dalam Karir
Sumber : capitalistcreations

Ketika kamu harus melakukan interview dengan pewawancara lebih muda, siapkan diri untuk memoles keterampilan yang diperlukan untuk peran kerja. Meskipun kamu hidup di generasi yang berbeda, namun kamu perlu membuktikan dan menunjukan bahwa kamu mau belajar dan memahami keterampilan baru yang sedang tren.

Tunjukan Bila Anda Bisa Bekerja dengan Tim

Sumber : Info Namina Kiky

Penting bagi kamu untuk membuat sebuah poin selama melakukan interview dengan pewawancara lebih muda dengan menyorot kalau kamu bisa fleksibel dan inovatif. Kamu bisa ‘membual’ tentang skill berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik. Sehingga, pewawancara lebih muda akan tahu kamu bisa bekerja secara tim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here