Bagaimana Cara Menghadapi Sesi Wawancara Kerja Pasca PHK?

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sering dianggap menodai catatan karier seseorang. Itulah sebabnya, sesi wawancara kerja pasca PHK terasa sulit karena kandidat karyawan merasa rendah diri. Sebenarnya, calon karyawan yang pernah menjadi korban PHK punya kesempatan karier sama besarnya dengan calon karyawan lain.

Jangan minder dulu jika kamu harus menghadapi sesi wawancara kerja pasca PHK. Yuk, lakukan beberapa cara ini supaya tetap percaya diri dan siap mendapatkan pekerjaan baru:

Fokus pada Kelebihan Diri Sendiri

Hal pertama yang patut kamu perhatikan saat menjalani sesi wawancara kerja pasca PHK adalah fokus pada kelebihan diri sendiri. Jangan lupa bahwa kamu punya banyak kelebihan dari pengalaman kerja terdahulu.

Sehingga kelebihan tersebut bisa menjadi nilai tambah yang memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan. Perbaiki Curriculum Vitae (CV) pasca PHK supaya kamu segera siap melamar pekerjaan baru.

Baca Juga: Jangan Putus Asa, Begini Cara Efektif Mencari Pekerjaan Pasca PHK!

Tak Perlu Membahas PHK Duluan

Banyak orang merasa insecure pasca PHK sehingga menghadapi wawancara kerja setelah di-PHK dengan perasaan grogi. Sebenarnya, kamu tak perlu membahas PHK duluan bila tim pewawancara kerja tidak menanyakannya kepada kamu.

Kalaupun kamu mendapat pertanyaan tentang PHK, cobalah menjawabnya dengan tenang dan mengemukakan alasan PHK secara logis.

Mengganti Istilah PHK dengan Sebutan Lain

Daripada menggunakan kata PHK yang terkesan negatif, alangkah lebih baik kalau kamu menggantinya dengan istilah lain, misalnya “perampingan jumlah karyawan” atau “upaya efisiensi perusahaan”.

Istilah tersebut tentu terkesan lebih halus dan membuat kamu lebih percaya diri dalam menjalani sesi interview kerja setelah PHK. Sebab istilah yang tepat tidak memberikan kesan bahwa kamu adalah karyawan yang kinerjanya buruk sehingga mengalami PHK.

Menjelaskan Alasan Logis tentang PHK

Jika kamu menerima pertanyaan tentang PHK, maka kamu harus bersiap menjelaskannya dengan jawaban yang logis. Misalnya, perusahaan lama tempat kamu bekerja memang melakukan upaya pengurangan karyawan dalam jumlah banyak karena kondisi ekonominya sedang kurang stabil.

Alasan-alasan logis yang kamu sampaikan akan memperbesar peluang diterima kerja karena tim pewawancara tidak menganggap remeh kemampuanmu.

Menunjukkan Niat untuk Memerbaiki Diri

Sudah selayaknya PHK disikapi secara bijak tanpa kesan putus asa berkepanjangan. Saat menjalani wawancara kerja pasca PHK, kamu harus menunjukkan semangat kerja dan niat positif.

Kamu dapat menjelaskan kegiatan pasca PHK, misalnya kursus online, mempelajari keterampilan baru, atau merintis bisnis sampingan. Hal-hal sederhana tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang pantang menyerah dan mau belajar hal-hal baru.

Wawancara kerja pasca PHK memang terasa menegangkan dan sulit dilalui. Namun, kamu harus tetap yakin bahwa kamu masih punya peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here