Ingin Menghemat Waktu saat Mencari Kerja? Begini Caranya yang Efisien

menghemat waktu
Sumber : businessnewsdaily

Tidak ada yang menyangkal bahwa mencari pekerjaan hari-hari ini lebih membingungkan dibandingkan di masa lalu. Satu dekade yang lalu, jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan, Anda hanya punya beberapa pilihan: melihat info lowongan di koran, minta bantuan koneksi, atau meletakkan CV Anda begitu saja di perusahaan yang Anda ingin jadikan tempat bekerja. Namun hari ini, gambaran proses mencari kerja sangat berbeda. Bahkan di tahun 2013, sudah 95% dari pencarian kerja yang melibatkan internet, seperti dari portal lowongan kerja online. Karena itu, proses ini menjadi rumit meskipun juga luas dan mudah. Berkat revolusi digital, kini ada banyak sumber lowongan kerja daripada sebelumnya. Sayangnya, dengan banyaknya sumber ini, mencari kerja bisa terasa seperti menjalani pekerjaan itu sendiri. Agar Anda tak kebingungan, berikut adalah tips menghemat waktu namun tetap efektif dalam mencari pekerjaan.

Menghemat Waktu dalam Mencari Pekerjaan dengan Strategi yang Lebih Efisien

Media Sosial

Sumber: asn

Mulai dari menyebar lowongan hingga mencari kandidat, media sosial adalah sebuah bagian integral dari proses rekrutmen HRD perusahaan. Oleh karena itu, adalah hal yang esensial bagi Anda untuk juga terkoneksi. Coba carilah perekrut, nama perusahaan, dan situs spesialisi karir atau papan lowongan kerja yang beroperasi pada bidang Anda. Lalu, pastikan Anda mengikuti mereka semua di Twitter, LinkedIn, Facebook. Instagram, dan lain-lain.

Namun, sekedar berkoneksi dengan mereka saja tidak cukup. Karena kecuali Anda terhubung 24 jam sehari, maka masih ada kemungkinan Anda akan melewatkan sesuatu. Dan tentu, terhubung 24 jam bukanlah cara efektif untuk menghemat waktu. Jadi untuk memastikan bahwa Anda selalu mengerti apa yang terjadi, dedikasikan waktu satu atau dua jam setiap malam untuk mengecek ini semua. Kelompokkan juga dalam daftar tertentu atau buat pengaturan sehingga Anda akan selalu bisa melihat update profl yang Anda inginkan setiap kali Anda login ke media sosial tersebut.

Daftarkan Email Anda pada Langganan Info Kerja

masalah email terbesar
Sumber: fmgsuite

Jika Anda bukanlah sebuah penggemar media sosial, maka merupakan sebuah alternatif baik untuk berlangganan info kerja pada situs lowongan kerja favorit Anda. Ini sebenarnya merupakan satu cara untuk menghemat waktu yang sangat efektif karena Anda tak perlu mengecek situs-situs lowongan kerja setiap harinya. Sesuaikan saja kriteria pekerjaan yang Anda inginkan dan dimana kotanya dan seberapa sering Anda ingin diberikan notifikasi. Jangan panik jika Anda masih belum yakin ingin bekerja sebagai apa. Anda bisa memilih beberapa kategori yang berbeda-beda. Anda juga bisa menggunakan sumber yang berbeda-beda untuk memastikan Anda tidak melewatkan apa pun. Setelah Anda berlangganan, Anda bisa menghemat waktu dan bersantai, karena Anda tahu bahwa lowongan-lowongan yang paling relevan akan langsung dikirim ke kotak masuk email Anda tanpa perlu repot-repot Anda cari-cari.

Baca Juga : Cara Efektif Menarik Perhatian pada 4 Situasi di Tempat Kerja

Buatlah Akun di Situs Pencari Kerja

melamar kerja

Membuat sebuah akun pencari kerja bisa jadi sebuah hal yang merepotkan dan tidak mau Anda lakukan karena Anda menganggap bahwa ini hanya sekedar buang-buang waktu. Padahal, sebenarnya, jika Anda melakukannya, Anda bisa menghemat waktu banyak. Bukan hanya Anda juga biasanya akan secara otomatis mendapatkan email jika ada pekerjaan yang sesuai, namun Anda juga bisa melamar secara langsung dari profiil Anda dengan menggunakan template resume yang disediakan. Bahkan, biasanya profil Anda juga akan tersedia untuk dilihat oleh perusahaan dan perekrut yang juga menggunakan situs tersebut. Anda pun bisa mendapatkan undangan tes atau wawancara tanpa harus repot-repot mengubah-ubah resume dan CV sepanjang waktu.

Selamat berusaha menghemat waktu dalam melamar kerja!