Stres Karena PHK? Segera Pulihkan Diri Anda!

stres karena PHK
Sumber : Ets Dental

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pasti menjadi salah satu hal yang paling dihindari oleh para karyawan. Karena PHK seakan mengesankan bahwa Anda adalah karyawan yang kurang berkualitas dan patut disingkirkan. Tak mengherankan jika stres karena PHK kerap dialami oleh para karyawan. Ada yang mengalaminya dalam kondisi ringan, tetapi ada pula yang kondisinya tergolong berat.

Jika Anda termasuk orang yang sedang stres karena PHK, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal ini untuk memulihkan diri sendiri

Tidak Berhubungan dengan Rekan Kerja untuk Sementara Waktu

Sumber: PSafe

Stres karena PHK akan semakin parah kalau Anda terus berhubungan dengan rekan kerja. Karena kemungkinan besar rekan kerja Anda akan menceritakan hal-hal yang terjadi di perusahaan. Tak ada salahnya kalau Anda memutuskan tidak berhubungan dengan rekan kerja untuk sementara waktu. Mintalah pengertian dari rekan-rekan kerja di perusahaan lama bahwa Anda ingin menenangkan diri sejenak.

Baca Juga: Kiat Cepat Mendapatkan Pekerjaan Baru Setelah di-PHK

Curhat dengan Orang-Orang Terdekat

Sumber: trubunnews

Jangan lupa bahwa curhat juga menjadi salah satu cara efektif untuk meminimalkan stres karena PHK. Anda bisa curhat dengan keluarga atau sahabat untuk mengungkapkan perasaan. Walaupun tidak menemukan solusi, curhat tentang PHK akan membuat Anda lebih tenang dan lega. Sehingga Anda pun bisa berpikir lebih jernih untuk memutuskan tindakan selanjutnya.

Menenangkan Diri selama Beberapa Hari

Sumber: IDN Times

Anda juga wajib meluangkan waktu beberapa hari untuk menenangkan diri. Bila jumlah tabungan Anda memungkinkan, cobalah melakukan short escape ke tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi. Selama masih bekerja, mungkin Anda tidak berkesempatan melakukannya. Jadi, gunakan waktu pasca PHK untuk menenangkan dan menbahagiakan diri sendiri. Sehingga stres karena PHK dapat diminimalkan.

Segera Berhenti Bersedih dan Move On

Sumber: Irish Times

Anda memang punya hak untuk bersedih sementara waktu. Namun, Anda juga harus memikirkan langkah selanjutnya yang akan Anda lakukan. Mulailah dengan mencari peluang kerja di internet atau dari kenalan-kenalan Anda. Jangan lupa melakukan update Curriculum Vitae (CV) kalau Anda memang berencana melamar kerja lagi.

Selain bekerja lagi, Anda juga bisa mengubah rencana dengan menekuni bisnis keluarga atau mencari peluang bisnis baru. Dengan demikian, Anda akan kembali sibuk menata aktivitas. Stres karena PHK pun akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Jangan sampai Anda terlalu larut dalam kekecewaan pasca mengalami PHK. Bersedih memang boleh, tetapi jangan terlalu lama hingga mengganggu produktivitas Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here