Mengintip Daya Tahan Pop Up Camera Milik Oppo F11 Pro

Sumber: Oppo

Oppo belum lama ini merilis dua perangkat kamera terbarunya. Yaitu, Oppo F11 dan Oppo F11 Pro. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Oppo F11 adalah pop-up camera. Sementara itu, untuk Oppo F11 Pro, seperti apa daya tahan kameranya?

Pada umumnya, smartphone yang dirilis dengan lebih dari satu varian akan menggunakan cara penyematan kamera yang sama. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Oppo. Oppo menggunakan dua cara penyematan kamera yang berbeda di Oppo F11 dan variannya, Oppo F11 Pro.

Di Oppo F11 Pro, Oppo menggunakan motorized pop-up camera atau rising camera. Kamera ini ditempatkan di bagian sisi atas perangkat. Namun, kamera ini tidak terlihat sebelum diaktifkan.

Kamera Oppo F11 Pro Mudah Rusak?

 

Sumber: Oppo

Pilihan cara penempatan kamera yang digunakan Oppo di Oppo F11 Pro membuat pengamat gadget mempertanyakan daya tahan kameranya. Pasalnya, ketika kamera motorik diaktifkan, lensa 16 MP akan sering keluar masuk dari tempat penyimpanannya.

Kendati demikian, pihak Oppo menepis anggapan tersebut. Oppo mengklaim pop-up camera di Oppo F11 Pro punya daya tahan tinggi. Sebelum dirilis, kamera ini sudah diujicobakan untuk pemakaian sebanyak 30 kali dalam sehari. Baik untuk mengambil foto selfie ataupun untuk unlocking kamera dengan menggunakan fitur face recognition.

Hasilnya, dengan frekuensi pemakaian sebanyak 30 kali sehari, Oppo F11 Pro diklaim mampu bertahan selama enam tahun. Dalam durasi enam tahun biasanya pemilik smartphone sudah berkeinginan untuk mengganti perangkatnya.

Dari sisi tampilan, pilihan cara penempatan kamera Oppo F11 Pro membuat layar display perangkat tersebut terkesan lebih lapang. Oppo F11 Pro menggunakan layar display berukuran 6,53 inchi.

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Layar Display Terbaik untuk Menikmati Tayangan Film

Sementara itu, Oppo F11 dibekali oleh notch sebagai tempat meletakkan kamera. Selain di Oppo F11, Oppo juga mengunakan notch di beberapa perangkat sebelumnya. Di antaranya Oppo F9 dan Oppo A7.

Seperti pada Oppo F11 Pro, Oppo F11 juga menggunakan kamera berlensa 16 MP di bagian depannya. Perangkat ini dibekali oleh layar display yang sedikit lebih kecil dari variannya yakni 6,5 inchi.

Untuk kamera belakang, kedua perangkat menggunakan fitur dual camera dengan kekuatan resolusi lensa yang sama, yakni 48 MP dan 5 MP.

Baik Oppo F11 maupun Oppo F11 mengusung prosesor yang sama, yakni chipset MediaTek Helio P70 dengan pengolah grafis Mali-G71 MP3. Masing-masing perangkat juga dibekali dengan baterai berkapasitas 4,000 mAh.

Perbedaan spesifikasi terletak pada kapasitas RAM dan storage. Oppo F11 menggunakan 4 GB/128 GB. Sedangkan Oppo F11 Pro menggunakan 6 GB/64 GB.

Beri komentar Anda tentang artikel ini