Mengintip Fitur iPadOS, Sistem Operasi Anyar Milik Apple

Apple merilis sistem operasi baru khusus untuk perangkat iPad, yaitu iPadOS atau iPadOS 13. Sebelumnya, iPad menggunakan sistem operasi yang juga digunakan di perangkat iPhone.

iPadOS diperkenalkan bersamaan dengan sistem operasi terbaru untuk iPhone, yaitu iOS 13. Nama lengkapnya sendiri diperkirakan mengikuti sistem operasi iPhone tersebut, yaitu iPadOS 13. iPadOS dikembangkan mengingat Apple ingin agar perangkat iPad-nya memiliki kemampuan setara dengan laptop.

Versi public beta dari iPadOS sudah diluncurkan. Berikut ini beberapa peningkatan baru dari iPadOS yang menarik untuk diketahui.

iPadOS 13 Mendukung Kemampuan Multi Window

Yang paling menonjol dari sistem operasi terbaru milik iPad ini adalah kemampuannya membuka beberapa aplikasi dari home-screen (fitur slide-over).

Sebelumnya, beberapa aplikasi bisa dikumpulkan dan dibuka dengan menggunakan slide-over. Pengguna lalu bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya di satu layar dengan melakukan swipe.

Dengan adanya iPadOS, pengguna bisa sekarang bisa mengumpulkan beberapa aplikasi tersebut ke dalam beberapa kelompok, menyimpannya, lalu membuka kelompok aplikasi yang lain.

Beberapa aplikasi tersebut bisa dipilih sebelumnya, dan untuk membuka, pengguna tinggal melakukan swipe dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.

Baca Juga: iOS 13 Akan Keluarkan Fitur Baru, Salah Satunya Dark Mode

Selain itu, dengan iPadOS, pengguna juga bisa membuka lebih dari satu window. Sebagai contoh, sebelumnya untuk browsing, pengguna iPad hanya bisa membuka satu jendela Safari. Untuk browsing di dua website yang berbeda, pengguna bisa menggunakan fitur split view.

Dengan kemampuan multi-window, pengguna iPad bisa membuka lebih dari satu jendela Safari (dua aplikasi yang sama). Bila ingin melakukan multi-tasking, pengguna masih bisa melakukan slide over dan membuka aplikasi lainnya.

Peningkatan pada Safari dan Aplikasi Lainnya

Aplikasi Safari sendiri juga mendapatkan peningkatan. Dengan iPadOS, pengguna Apple mendapatkan Safari versi Mac. Ini berarti website yang dikunjungi akan menampilkan tampilan full version atau tampilan yang lebih lengkap. Bagi yang kerap bekerja dengan menggunakan Google Doc, peningkatan ini akan terasa sangat bermanfaat.

Selain dari sisi tampilan, Safari juga sekarang dibekali dengan download manager. Dengan demikian, semua jenis file dari website bisa langsung disimpan di aplikasi Files. Sementara, jika ingin melakukan bookmarking, pengguna tinggal menekan ikon bookmark dan halaman website langsung tersimpan di folder khusus.

Beberapa peningkatan lain yang juga didapatkan dengan adanya iPadOS ini adalah:

  • Files: pengguna mendapatkan akses langsung ke USB.
  • Photos: foto lebih terorganisir dengan metode penyimpanan berdasarkan waktu pengambilan gambar .
  • Keyboard: keyboard bisa di-minimized sehingga gambar di layar akan tampak lebih lebar (lapang).
  • Sidecar: iPad terkoneksi dengan Mac dan berfungsi sebagai monitor atau tablet input.
  • Navigable by voice: kemampuan mengoperasikan iPad lewat perintah suara.

Daftar Perangkat iPad yang Kompatibel dengan iPadOS 13

Selain kemampuan baru diatas, Apple juga menjanjikan bahwa iPadOS mampu meningkatkan performa. Namun, tidak semua iPad bisa mendapatkan update sistem operasi terbaru ini. Berikut ini beberapa daftar iPad yang kompatibel dengan sistem operasi iPadOS 13:

  • iPad Pro (9.7 inchi, 10.5 inchi, 11 inchi, 12.9 inchi)
  • iPad (5th generation dan 6th generation)
  • iPad mini (5th generation)
  • iPad mini 4
  • iPad Air (3rd generation)
  • iPad Air 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here