Inilah 5 Keterampilan dalam Karier yang Paling Dihargai Perusahaan

Membangun keterampilan dalam karier memang membutuhkan waktu dan proses. Kesuksesan karier yang ingin dicapai berkaitan dengan bagaimana kamu memanfaatkan keterampilan yang sudah dibangun selama ini. Beberapa kategori keterampilan bahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang di mata perusahaan.

Maka saat kamu memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan lama dan mencari pekerjaan baru, keterampilan yang sudah lama dibangun harus ikut dialihkan dan diadaptasi di tempat yang baru. Ini menjadi penting, karena akan menambah nilai jual kamu.

Berikut ini adalah beberapa keterampilan dalam karier yang paling dihargai oleh perusahaan pemberi kerja:

Komunikasi dan Networking

Keterampilan dalam berkomunikasi dan membangun relasi adalah salah satu hal berharga yang dibutuhkan dalam setiap pekerjaan. Komunikasi yang baik adalah tentang bagaimana kamu mampu menyampaikan gagasan dan opini secara efektif, juga mampu mendengarkan dan memahami apa yang orang lain sampaikan.

Berawal dari kemampuan berkomunikasi yang baik, ini akan menjadi modal besar kamu untuk membangun dan memperluas relasi di dalam lingkungan kerja profesional.

Teamwork dan Kemampuan Interpersonal

Dalam lingkungan kerja, kamu tidak diharapkan bisa bekerja secara individual. Kamu dituntut untuk mampu bekerja secara tim, dan menghasilkan kontribusi yang lebih besar dibandingkan bekerja sendiri. Kerja sama adalah keterampilan dalam karier yang sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan bagaimana kamu akan berinteraksi dan berkolaborasi satu sama lain di dalam lingkungan kerja.

Baca Juga: 10 Skill Revolusi Industri 4.0 yang Seharusnya Kamu Miliki, Apa Saja?

Selain itu, pada tahap ini kamu juga diharapkan memiliki kemampuan interpersonal yang baik dan mampu mengembangkan hubungan kerja yang baik dan efektif.

Self-Management

Manajemen diri adalah tentang bagaimana kamu mengarahkan kegiatan ke arah pencapaian tujuan. Perusahaan calon pemberi kerja mencari karyawan yang mampu menyelesaikan pekerjaan dengan efisien dan mampu memotivasi diri.

Keterampilan terkait self management ini meliputi kelincahan juga kemampuan memprioritaskan tugas, mengembangkan lingkungan yang mudah berubah, menetapkan tujuan, dan melakukan evaluasi diri untuk perbaikan.

Keterampilan Perencanaan dan Penelitian

Keterampilan perencanaan dan penelitian memungkinkan kamu untuk mengartikulasikan kebutuhan dan merumuskan strategi untuk mencapai tujuan tertentu. Banyak peran memerlukan keterampilan ini, dan pengusaha mencari kandidat yang proaktif untuk dapat melakukan penelitian lintas-saluran.

Mengikuti perkembangan industri adalah kunci dan pengusaha menghargai individu yang proaktif, dan memahami sumber terbaik untuk meneliti proyek yang relevan.

Kepemimpinan dan Management Skill

Keterampilan dalam memimpin dan manajemen yang efektif adalah ketika kamu mampu mengarahkan dan memotivasi orang laun dalam mencapai tujuan. Jika kamu memiliki aspirasi untuk maju lebih tinggi dalam organisasi, fokuslah pada mencari peluang untuk memimpin proyek dan menunjukkan kemampuan manajerial.

Kembangkan keterampilan yang dapat ditransfer dengan menunjukkan seberapa baik kamu dapat mengelola orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here