Mengintip Kiprah MyRepublic, Penyedia Layanan Internet Tercepat se-Indonesia

Mengintip Kiprah MyRepublic, Penyedia Layanan Internet Tercepat se-Indonesia
Source: xcindo

MyRepublic menyediakan layanan internet dan kabel TV bagi pelanggannya. MyRepublic mengklaim perusahaannya menyediakan layanan internet paling cepat di Indonesia.

MyRepublic merupakan salah satu pemain baru di ranah internet fiber. Hadir di Indonesia pada 2015 lalu, perusahaan ini sebelumnya telah menyediakan layanan internet fiber di negara asalnya, yakni Singapura. Selain itu, layanan MyRepublic juga bisa didapatkan di Australia dan Selandia Baru.

Berbeda dengan operator internet lain yang memberikan kecepatan internet rata-rata 10 Mbps., MyRepublic menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi. Perusahaan ini menyediakan layanan internet dengan kecepatan maksimal 300 Mbps.

MyRepublic: Internet Cepat, Internet Murah

MyRepublic: Internet Cepat, Harga Murah
Foto: myrepublic

Meski menyediakan kecepatan internet yang tinggi, MyRepublic mengklaim perusahaannya menyediakan layanan internet dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk kecepatan internet paling rendah, yakni 50 Mbps, perusahaan ini membanderolnya seharga Rp 290 ribuan. Sedangkan untuk kecepatan internet 300 Mbps, perusahaan ini membanderolnya seharga Rp 1 jutaan. Harga-harga tersebut sudah termasuk penggunaan layanan kabel TV sebanyak 24 channel lokal.

Sebagai perbandingan, MNC Play menawarkan paket internet 50 Mbps-nya seharga Rp 950 ribuan. Sedangkan untuk paket 200 Mbps, MNC Play membanderolnya seharga Rp 3,1 jutaan (MNC Play tidak menyediakan layanan internet 300 Mbps). Harga-harga tersebut sudah termasuk penggunaan layanan kabel TV sebanyak 105 channel lokal dan internasional.

Strategi memangkas harga yang dilakukan oleh MyRepublic dilakukan berbarengan dengan upaya menggaet pelanggan. Untuk itu perusahaan ini telah beberapa kali menggelar event promosi. Di antaranya adalah kompetisi science bertajuk ‘Dunia Dalam Genggamanku’. Kompetisi ini digelar dengan menggandeng National Geographic dan diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Dasar.

Selain itu, belum lama ini MyRepublic telah menggelar kompetisi vlog bertajuk ‘She-Preneurs’. Kompetisi yang bertujuan untuk memberdayakan kaum perempuan tersebut digelar dengan menggandeng channel TV, Deutsche Welle.

Baca Juga: Catchplay: Serunya Sensasi Nonton Film ala First Media

Foto: catatansigoiq

Di sisi jaringan, perusahaan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Sinar Mas Group ini telah menggelontorkan dana sebesar US$250 juta untuk memperluas jaringannya di Indonesia (per-Maret 2017). Perluasan jaringan dilakukan di enam kota yang selama ini telah menyediakan jaringan internet. Selain itu, dana yang dimiliki juga dipergunakan untuk meningkatkan brand awareness.

Disamping mengisi celah internet fixed line di Indonesia, MyRepublic kini juga tengah menjajaki ranah mobile network. Untuk itu MyRepublic menggandeng perusahaan telekomunikasi asal India, Tata Communication. Langkah ini diambil mengingat jumlah penduduk Indonesia yang besar namun tingkat penetrasi internet dan mobile network-nya yang masih rendah.

Hingga pertengahan 2017, MyRepublic telah memiliki sekitar 120 juta pelanggan. Para pelanggan tersebut mayoritas berlokasi di kawasan Medan, Palembang, Jabodetabek, Semarang, Surabaya dan Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here