Wow! Ini 5 Trik Mengurangi Biaya Produksi untuk Pebisnis Pemula

Bisnis yang kamu miliki membutuhkan pemasukan yang cukup untuk bertahan dan berkembang. Namun, biaya produksi yang tinggi bisa menyebabkan perkembangan bisnis terganggu. Mau tak mau, kamu harus berusaha mengurangi biaya produksi.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi biaya produksi. Tentunya, setiap jenis bisnis, punya perlakuan yang berbeda. Kalau kamu sedang mempertimbangkan untuk mengurangi biaya produksi, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Disiplin dan Kreatif Mengelola Bujet

Cara yang paling ampuh untuk mengurangi biaya produksi adalah disiplin mengelola bujet. Kamu harus pandai memilah item-item biaya yang kamu gunakan. Setelah melakukannya, kamu juga tidak boleh mengeluarkan uang lebih besar dari bujet yang sudah ditetapkan.

Selain itu, kamu juga harus kreatif dalam mengelola bujet. Tempatkan dana pada pekerjaan yang outputnya paling maksimal. Atau, belilah mesin atau peralatan yang jika digunakan akan efektif dalam menyelesaikan pekerjaan.

Karyawan Tetap atau Freelancer?

Untuk beberapa jenis bisnis, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan jasa freelancer. Pasalnya, gaji karyawan merupakan salah satu item biaya produksi yang cukup besar. Kamu juga harus memikirkan cara yang paling efisien dalam merekrut freelancer. Namun, pastikan cara itu juga efektif memenuhi kebutuhanmu.

Baca Juga: Ini Alasan Kamu Harus Bekerja Dulu Sebelum Memulai Usaha Sendiri

Menggunakan Furniture Second/Refurbished

Bagi pebisnis pemula, biaya furniture merupakan salah satu item biaya yang cukup besar jumlahnya. Kamu tidak harus menggunakan furniture baru untuk memulai bisnis.

Selama masih layak pakai dan desainnya sesuai, kamu bisa menggunakan furniture second. Atau, kamu juga bisa memperbaiki furniture yang sudah ada sehingga menjadi layak pakai.

Tekan Biaya Produksi dengan Mengurangi Penggunaan Kertas

Kertas sering digunakan untuk pencatatan keuangan, kemasan, invoice atau kuitansi. Cobalah untuk mengurangi penggunaannya. Caranya, kamu bisa menggunakan aplikasi pencatatan atau pembayaran digital.

Jika menggunakan kertas sebagai kemasan, cobalah sederhanakan desainnya atau gunakan material kemasan yang lain.

Perkenalkan Produk Secara Online

Ketimbang menggunakan flyer atau brosur, kamu bisa menggunakan situs atau platform media sosial untuk memperkenalkan produkmu. Selain mengurangi biaya cetak, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Informasi yang disampaikan juga bisa lebih banyak dan berkelanjutan.

Masih banyak cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi biaya produksi. Namun, pastikan pengurangan biaya produksi tidak mengurangi keunggulan dari produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here