Kenali Hal Ini untuk Mengurangi Konflik di Tempat Kerja

Konflik bisa terjadi di mana saja, termasuk di tempat kerja. Penyebab konflik di kantor atau tempat kerja juga beragam. Biasanya, sebuah perusahaan memiliki kebijakan tersendiri dalam mengelola konflik.

Dengan menerapkan manajemen konflik atau mengelola konflik, konflik bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan bermanfaat. Namun, bagaimana jika kamu ingin menghindarinya?

Untuk itu, kamu harus mengetahui sebelumnya beberapa penyebab konflik yang sering terjadi di kantor atau tempat kerja.

Perbedaan Cara Kerja

Karyawan sebuah perusahaan berasal dari berbagai karakter, latar belakang dan pengalaman kerja. Keberagaman ini menimbulkan perbedaan cara kerja. Oleh karena itu, penting bagi pemimpin tim untuk menempatkan karyawan sesuai dengan bidang dan cara kerja yang dimilikinya.

Tujuan dan Hasil Kerja yang Berbeda

Setiap karyawan juga memiliki tujuan atau hasil kerja yang diinginkan. Seorang karyawan bisa saja menginginkan hasil A dalam waktu satu minggu. Namun, karyawan lain bisa menginginkan hasil B dalam waktu hanya tiga hari. Nah, mengomunikasikan standar kerja penting artinya agar tujuan yang diinginkan adalah tujuan bersama.

Perbedaan Nilai Kerja

Nilai-nilai kerja yang berbeda juga bisa menjadi penyebab terjadinya konflik di kantor atau tempat kerja. Semisal, karyawan A lebih mengutamakan proses dan kerjasama dalam mencapai tujuan. Namun, karyawan B lebih mementingkan hasil meski dicapai tanpa proses yang panjang dan kerjasama yang baik.

Baca Juga: Manajemen Konflik Berikut Ini Wajib Anda Miliki Ketika Bekerja

Sumber Daya yang Terbatas

Sumber daya manusia, finansial, teknologi, atau perlengkapan kantor bisa menjadi penyebab timbulnya konflik. Saat departeman marketing menginginkan tambahan bujet untuk promosi, bisa saja departemen produksi membutuhkan tambahan bujet untuk perbaikan mesin. Oleh karena itu, perencanaan yang matang dan komunikasi sangat diperlukan.

Persepsi dan Kebijakan

Karena berasal dari latar belakang dan pengalaman kerja yang berbeda, persepsi karyawan juga bisa berbeda. Saat terjadi masalah, setiap karyawan memandangnya dengan persepsi yang berbeda. Setiap karyawan juga punya solusi yang berbeda. Perbedaan seperti ini kerap menimbulkan konflik di tempat kerja.

Di samping itu, kebijakan atau aturan perusahaan yang berlaku juga bisa menimbulkan konflik. Apalagi jika aturan tersebut tidak diadaptasi atau dikomunikasikan dengan baik kepada karyawan. Selain itu, aturan perusahaan juga bisa berubah sewaktu-waktu. Hal ini juga bisa menjadi potensi terjadinya konflik.

Nah, dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa menghindari terjadinya konflik di kantor atau tempat kerja. Setidaknya kamu bisa meminimalisir pemborosan waktu, tenaga atau biaya saat konflik terjadi. Kamu juga bisa dengan mudah mencari solusi dari setiap konflik yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here