Tips Mengurangi Nafsu Makan Nasi Putih yang Berlebihan

makan nasi putih
Sumber : Live Strong

Nasi putih dianggap sebagai sumber karbohidrat yang sangat penting bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Bahkan, ada ungkapan yang menyatakan bahwa Anda belum makan kalau Anda belum menyantap nasi. Padahal, makan nasi putih bisa digantikan dengan konsumsi makanan sumber karbohidrat lainnya.

Kini, sudah saatnya Anda mengurangi nafsu makan nasi putih berlebihan untuk meminimalkan risiko gangguan kesehatan.

Ikuti saja tips-tips berikut ini agar usaha mengurangi konsumsi nasi putih lekas berhasil:

Mengurangi Porsi Nasi secara Bertahap

Sumber : Active 8 Me

Kebiasaan makan dalam jumlah banyak memang membuat Anda rentan lapar. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengurangi porsi nasi putih secara bertahap. Mulailah dengan mengurangi porsi nasi beberapa sendok makan. Lama-kelamaan, Anda akan terbiasa makan nasi putih dengan porsi kecil. Sebagai gantinya, Anda bisa menambah porsi lauk kaya protein dan sayuran supaya Anda tetap kenyang.

Baca Juga: Segudang Manfaat Makan Ceker Ayam yang Tak Terduga

Jangan Makan Nasi saat Sarapan

Sumber : Stay at Home Mum

Kebiasaan mengurangi makan nasi putih sebaiknya dilakukan sejak pagi hari saat Anda hendak sarapan. Selain nasi putih, Anda bisa memilih alternatif menu sarapan lainnya yang bergizi dan mengenyangkan. Sebagai selingan, cobalah menyantap bubur, oatmeal, atau roti gandum saat sarapan. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan dan sayuran agar menu sarapan lebih mengenyangkan.

Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Sumber : Food NDTV

Mayoritas orang suka makan nasi putih karena menganggapnya lebih mengenyangkan. Sebenarnya, Anda bisa memilih nasi merah bila ingin merasa lebih kenyang tanpa asupan kalori berlebihan. Karena nasi merah memiliki serat lebih banyak dan indeks glikemik lebih rendah daripada nasi putih. Konsumsi nasi merah dengan jumlah lebih sedikit dari nasi putih akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Menambah Porsi Sayuran

Sumber : Yummy

Bila Anda sering makan nasi putih berlebihan karena sulit merasa kenyang, Anda harus menyiasatinya dengan konsumsi sayuran. Karena sayuran mengandung kalori rendah dan serat tinggi yang akan membuat Anda lebih mudah kenyang. Konsumsi sayuran dalam porsi besar tak berisiko membuat tubuh Anda menimbun kalori berlebihan. Anda pun tak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan dan risiko penyakit kronis lainnya.

Selain makan nasi putih, masih banyak jenis makanan lainnya yang juga mengenyangkan dan bergizi. Jangan sampai Anda ketergantungan dengan nasi putih dan seakan merasa tak kenyang jika menyantap makanan lain. Mari membatasi konsumsi nasi putih sesuai jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here