Mari Mengurangi Sampah Plastik secara Efektif di Bulan Puasa!

Bulan Ramadan merupakan momen istimewa yang sering dimanfaatkan para penjaja makanan. Banyak sekali varian takjil dan jenis makanan lainnya yang dijual di bulan suci ini. Sayangnya, membludaknya penjaja makanan turut memengaruhi peningkatan jumlah sampah plastik. Padahal, Anda justru harus memulai upaya mengurangi sampah plastik dari hal-hal sederhana sejak dini.

Nah, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal ini di bulan puasa untuk mengurangi sampah plastik secara efektif,

Membawa Sedotan Stainless Steel

Saat buka puasa di luar rumah, kemungkinan besar Anda akan menikmati suguhan minuman manis dengan sedotan plastik. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda membawa sedotan stainless steel sendiri.

Cara sederhana ini akan membantu mengurangi sampah plastik sekaligus memberikan contoh bagi orang-orang terdekat. Niscaya orang-orang terdekat Anda ikut termotivasi menggunakan sedotan stainless steel demi menekan jumlah sampah plastik.

Meminimalkan Kebiasaan Makan Di Food Court

Sajian makanan di food court biasanya juga identik dengan wadah plastik sekali pakai. Wadah tersebut dipilih dengan alasan kepraktisan dan harganya yang terjangkau. Sehingga para pebisnis kuliner di food court tak perlu repot-repot mencuci setumpuk piring kotor. Meminimalkan kebiasaan makan di food court tak hanya ampuh mengurangi sampah plastik, melainkan juga membuat pengeluaran Anda lebih hemat selama bulan Ramadan.

Menyiapkan Wadah Makanan Pribadi

Kalau Anda berencana membeli takjil atau jenis makanan lainnya, sebaiknya Anda membawa wadah sendiri dari rumah. Siapkan wadah makanan yang kapasitasnya sesuai kebutuhan dan sudah dibersihkan agar bisa segera dipakai. Sehingga Anda tak perlu menggunakan wadah plastik untuk menempatkan makanan tersebut. Gunakanlah wadah bertutup rapat untuk menjaga kebersihan dan kesegaran makanan yang Anda beli.

Baca Juga: Inilah Takjil Nikmat Khas Arab Saudi yang Sangat Menggugah Selera

Selalu Membawa Kantong Belanja Sendiri

Pemanfaatan plastik juga tergolong masif untuk membungkus barang-barang belanjaan. Ketika Anda ingin berbelanja di pasar tradisional, minimarket, maupun pusat perbelanjaan, usahakan untuk selalu membawa kantong belanja sendiri. Gunakan kantong belanja yang bahannya kuat dan ukurannya besar. Maka Anda bisa membawa banyak barang sekaligus tanpa merasa kewalahan. Dengan demikian, Anda tak akan menimbun banyak plastik di rumah hanya untuk kebutuhan sekali pakai.

Niat untuk berpartisipasi mengurangi sampah plastik bisa dimulai bersamaan dengan momen Ramadan tahun ini. Tak ada kata terlambat untuk memulai asalkan Anda mau melakukannya secara konsisten mulai dari hal-hal sederhana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here