DOPE Personality: Seperti Apa Sih Kepribadian Rekan Kerjamu?

Tim yang kompak adalah tim yang mampu bekerja sama dengan baik. Untuk itu dibutuhkan kemampuan komunikasi dan saling pengertian antara team leader dan rekan kerja yang dipimpinnya. Agar komunikasi dan saling pengertian bisa terjalin dengan baik, tim leader sebaiknya mengetahui kepribadian rekan kerjanya. Salah satu caranya, menggunakan DOPE Personality Test.

Dengan menggunakan DOPE Personality Test kamu tidak hanya bisa bisa mengetahui kepribadian rekan kerja. Lebih dari itu, kamu juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, serta menentukan cara yang tepat untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengannya.

Keuntungan Menggunakan DOPE Personality Test

DOPE Personality Test diciptakan oleh Richard N. Stephenson berdasarkan tes kepribadian lainnya, yaitu DISC Test (dominant, influential, steady, compliance). Langkah-langkah melakukannya DOPE Personality Test cukup mudah. Karyawan hanya diminta untuk menjawab rangkaian pertanyaan dengan memilih salah satu dari beberapa jawaban yang disediakan.

Untuk melakukan tes kepribadian umumnya perusahaan memerlukan kehadiran psikolog. Namun, kamu tidak perlu menggunakan jasa psikolog jika ingin melakukan DOPE Personality Test. Dengan demikian, siapapun bisa melakukannya. Kamu juga bisa melakukannya kapanpun diiinginkan.

Baca Juga: Behavioral Event Interview: Teknik Menggali Potensi Kandidat Karyawan

Tipe Kepribadian DOPE

DOPE merupakan singkatan dari empat nama jenis burung yaitu, dove, owl, peacock dan eagle. Masing-masing burung mewakili kepribadian tertentu. Berikut ini kepribadian yang dimiliki oleh masing-masing burung tersebut.

Dove (Merpati)

Karyawan berkepribadian dove umumnya gemar bekerja sama. Mereka juga selalu mendahulukan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Oleh karenanya, dove selalu mudah membantu rekan kerjanya dalam menyelesaikan pekerjaan atau menuntaskan masalah.

Di sisi lain, dove punya pembawaan yang tenang. Oleh karenanya, dove kurang menyenangi tempo kerja yang terlalu cepat. Dove juga tidak terlalu menyenangi adanya perubahan situasi dan kondisi kerja.

Selain itu, karyawan berkepribadian dove mudah dimanfaatkan rekan kerjanya. Hal ini disebabkan dove sangat mudah dipengaruhi dan mengikuti kemauan rekan kerjanya.

Agar bisa bekerjasama dengan baik dengan dove, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Kamu juga tidak boleh terlalu memaksakan keinginanmu. Selain itu, gunakanlah alasan-alasan yang bisa mempengaruhi logikanya.

Owl (Burung Hantu)

Owl merupakan karyawan yang sangat memperhatikan hal-hal yang detail. Owl juga rapi dan teratur dalam bekerja. Selain itu, karyawan dengan kepribadian owl selalu menggunakan logikanya dalam segala hal. Oleh karenanya, owl mampu menyusun rencana dengan baik.

Meski demikian, owl lebih suka bekerja di belakang layar. Selain itu, karyawan dengan kepribadian seperti ini cenderung perfeksionis dan demanding, alias banyak menuntut.

Agar kamu bisa bekerja sama dengan baik, kamu harus membekali dirimu dengan data dan informasi, agar siap menghadapi berbagai pertanyaan yang diajukannya. Kamu juga harus bersedia jika pekerjaanmu dievaluasi atau dikritik olehnya. Selain itu, cobalah untuk tidak terlalu baper saat sedang menyelesaikan pekerjaan.

Peacock (Cendrawasih)

Berbeda dengan owl, peacock sangat suka mendapatkan perhatian. Peacock juga merupakan kepribadian yang mudah bergaul dan beradaptasi dengan siapa saja. Oleh karenanya, peacock sangat mudah mengembangkan network yang dimilikinya. Selain itu, dengan kemampuan interpersonalnya baik, seorang peacock selalu berhasil memotivasi rekan kerjanya.

Di sisi lain, peacock bisa menjadi karyawan yang manipulatif. Ia juga sulit mengontrol ego nya. Selain itu, karyawan berkepribadian peacock seringkali meninggalkan kedisiplinannya.

Eagle (Elang)

Eagle merupakan tipe kepribadian yang menggemari kebebasan. Ia juga ambisius, menyenangi persaingan dan lihai memanfaatkan kesempatan. Karenanya, karyawan berkepribadian eagle sangat cocok menjadi pemimpin.

Meski demikian, eagle juga punya kekurangan. Salah satunya yaitu terlalu memaksakan keinginannya. Hal ini karena eagle gemar sekali mendominasi.

Agar bisa bekerja sama dengan eagle, ada baiknya kamu selalu fokus dalam pekerjaan. Selain itu cobalah untuk to the point dalam berkomunikasi. Meski demikian, hindari terlalu banyak membicarakan hal-hal yang detail.

Yang perlu diketahui, rekan kerjamu bisa saja memiliki dua atau tiga tipe kepribadian. Dengan mengenali tipe kepribadian rekan kerja lewat DOPE personality, kamu bisa memaksimalkan kelebihannya. Di sisi lain, dengan mengetahui kekurangannya, kamu bisa menghindari konflik atau masalah saat sedang bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here