Tak Perlu Kopi, Tingkatkan Energi di Pagi Hari dengan Cara Ini

Banyak orang kecanduan kopi atau teh karena kandungan kafeinnya mampu meningkatkan energi. Padahal bila dikonsumsi secara berlebihan, kafein akan menimbulkan efek tidak baik pada tubuh. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips untuk tingkatkan energimu dan mengembalikan semangat tanpa kopi.

Prioritaskan Santapan Berenergi

Makanlah makanan yang sehat dan seimbang. Jika perutmu terlalu lama kosong tanpa diisi makanan, maka kamu akan cepat lelah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk makan setiap tiga hingga empat jam.

Pastikan juga kamu mengonsumsi makanan sehat, seperti salad dengan ayam, alpukat, dan sayuran, atau quinoa dengan sayuran panggang dan salmon. Makanan-makanan sehat tersebut akan menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan energimu.

Konsumsi Jeruk

Ada beberapa bukti asupan jeruk, seperti makan jeruk atau menambahkan lemon pada air minummu, dapat membantu memberi energi pada tubuh. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan minyak esensial beraroma jeruk di kamar atau di ruang kerja untuk mengembalikan semangat dan meningkatkan energi.

Minum Air Jahe

Selain jeruk, kamu juga bisa mengolah jahe menjadi minuman sehat yang akan meningkatkan produksi energi dan sirkulasi sekaligus mengurangi peradangan. Kamu bisa minum air jahe di kantor bila sudah mulai merasa lelah. Banyak resep minuman air jahe yang bisa kamu ikuti di internet.

Tetap Aktif Bergerak

Bergerak dapat membuat darahmu mengalir yang akan meningkatkan tingkat energi. Berjalan di sekitar kantor meski hanya untuk mengisi botol air, mengunjungi ruangan teman, atau bahkan sekadar berkeliling singkat di sekitar blok kantor adalah cara cepat dan mudah untuk menghalau rasa lelah dan kantuk dan bisa tingkatkan energi dengan cepat.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bisa Bikin Semangatmu Terbakar dan Kerja Makin Gairah!

Tetap Terhidrasi

Lelah adalah tanda dehidrasi yang paling umum. Jika kamu sudah merasakan hal tersebut, maka cara terbaik adalah minum cukup air. Agar minum air putih lebih menyenangkan, kamu bisa menambahkan irisan jeruk lemon atau perasan jeruk nipis kedalamnya untuk tingkatkan energi dan meghilangkan rasa lelah.

Mengunyah Sesuatu Bisa Tingkatkan Energi

Jika pekerjaanmu mengharuskan kamu menatap layar komputer selama berjam-jam, maka ada baiknya untuk menikmati camilan renyah dan sehat, seperti kacang-kacangan ataupun buah.

Jika selama ini kamu mengandalkan kafein, carilah cara baru untuk membangkitkan semangat. Semakin padat dan kuatnya kamu mengunyah makanan renyah, semakin kamu meningkatkan energi dan semangat untuk beberapa jam kedepan.

Miliki Waktu Tidur Konsisten

Bagi kebanyakan orang dewasa, sangat penting untuk setidaknya tujuh jam tidur nyenyak per malam. Selain itu, cobalah untuk mempertahankan waktu tidur yang konsisten bila memungkinkan.  Memiliki waktu tidur konsisten dan kualitas tidur yang baik akan membuat tubuhmu selaras dengan lingkungan.

Yang paling penting, tubuh kamu akan lebih cenderung memahami kapan harus bangun dan kapan harus tidur. Ini penting untuk memberikan kamu tingkat energi yang lebih konsisten dan seimbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here