Agar Produktif, Bagaimana Meningkatkan Motivasi Karyawan Magang?

Sesuai namanya, karyawan magang bukanlah karyawan tetap di sebuah perusahaan. Oleh karenanya, hak dan kewajiban karyawan magang bisa berbeda dengan karyawan tetap. Lalu, bagaimana dengan motivasinya? Perlukah perusahaan meningkatkan motivasi karyawan magang?

Dengan adanya program magang, perusahaan bisa lebih mudah merekrut talenta dan kemampuan baru. Keuntungan lainnya, karyawan yang direkrut dari program magang lebih mudah beradaptasi dengan budaya perusahaan dibandingkan karyawan yang direkrut dari proses seleksi pada umumnya. Selain itu, karyawan magang bisa meningkatkan produktivitas, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Dengan demikian, keberadaan karyawan magang tidak kalah penting dengan karyawan tetap. Oleh karenanya, perusahaan juga harus meningkatkan motivasi serta keterlibatan karyawan magang agar tujuan-tujuan perusahaan tercapai. Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

Meningkatkan Motivasi Karyawan Magang dengan Mengembangkan Kemampuan

Tidak jarang, karyawan magang masih berstatus mahasiswa. Oleh karenanya, skill dan kemampuan yang dimiliki masih terbatas. Dalam hal ini, perusahaan bisa menjalankan program pelatihan atau pengembangan skill dan kemampuan khusus karyawan magangnya.

Tujuannya, selain bisa meningkatkan motivasi, perusahaan berinvestasi untuk menyediakan karyawan-karyawan potensial yang memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga: Mengembangkan Soft Skill di Tempat Kerja, Intip Dulu Caranya

Memastikan Job Description Karyawan Magang

Karyawan magang umumnya belum paham benar mengenai rencana dan tujuan tim atau perusahaan. Akibatnya, karyawan magang sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Untuk mencegah hal ini, perusahaan bisa memberikan guidelines atau SOP yang jelas pada karyawan magangnya. Selain itu, karyawan magang juga harus mengerti peran yang dilakukannya demi mencapai target atau tujuan.

Meningkatkan Motivasi Karyawan Magang dengan Memberikan Peran Penting

Seringkali karyawan magang diberikan peran yang tidak terlalu penting di perusahaan. Hal ini ada benarnya. Pasalnya, pengalaman, kemampuan dan pengetahuan karyawan magang masih sangat terbatas.

Namun, tidak ada salahnya perusahaan memberikan peran tambahan pada karyawan magang dengan memberinya tugas atau pekerjaan yang penting. Sehingga karyawan magang terpacu untuk mengembangkan diri, serta belajar mengemban tanggung jawab yang lebih besar.

Menghargai Kerja Kerasnya

Karyawan magang umumnya mendapatkan gaji yang lebih kecil dibandingkan karyawan tetap. Namun, tidak jarang mereka bekerja lebih keras. Oleh karenanya, perusahaan sudah selayaknya menghargai kerja keras karyawan magang.

Salah satu caranya yaitu dengan memberikan insentif. Semisal, biaya transportasi, biaya pelatihan online ataupun asuransi. Dengan begitu, karyawan magang akan merasa dihargai dan semakin termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik.

Jika motivasi karyawan magang meningkat, maka produktivitas kerja juga akan meningkat. Di sisi lain, hal ini ikut menyukseskan program magang yang sudah dilakukan oleh perusahaan.

Pasalnya, keberhasilan program magang juga mengangkat citra perusahaan. Baik di mata para pencari kerja, di mata perusahaan lain, maupun di mata pengguna produk atau jasanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here