5 Tips Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

meningkatkan produktivitas
sumber : google

Memiliki status sebagai seorang karyawan berarti Anda memiliki tanggung jawab untuk memberikan kinerja yang maksimal dalam pekerjaan. Hal ini sangat berhubungan erat dengan produktivitas kerja dari masing-masing individu. Produktivitas kerja yang tinggi menentukan baik buruknya kualitas kerja yang dihasilkan. Perusahaan tidak akan segan-segan memberikan teguran ataupun sanksi apabila hasil pekerjaan Anda tidak memuaskan. Untuk itu, Anda perlu menjaga dan meningkatkan produktivitas kerja untuk tetap memberikan hasil yang maksimal untuk perusahaan. Berikut 5 tips untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

5 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

Menyusun Rencana Kerja

Plan and Strategy
leadwithproductivity

Buatlah rencana pekerjaan Anda secara jelas dan tertata. Produktivitas bukan hanya mengenai bagaimana sibuknya Anda dalam mengerjakan sesuatu, karena sibuk bekerja tanpa hasil dan tujuan yang jelas hanya akan sia-sia. Dengan merencanakan pekerjaan secara matang, Anda akan memiliki gambaran yang cukup untuk mengerjakan semua tugas secara lebih terarah dan efektif.

Manajemen Waktu

time managementSetelah menyusun rencana kerja, maka langkah berikutnya adalah alokasi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Anda harus menargetkan berapa banyak waktu yang kira-kira Anda butuhkan untuk menyelesaikan satu tugas atau pekerjaan. Dengan sistem manajemen waktu yang baik, Anda akan menyelesaikan pekerjaan lebih banyak dan cepat dengan hasil yang tidak asal-asalan.

Menghilangkan Semua Gangguan

Work Distractions
qconcepts

Salah satu faktor yang paling menghambat produktivitas kerja adalah gangguan dari lingkungan sekitar. Gangguan tersebut dapat berasal dari banyak hal seperti lingkungan kantor yang kelewat santai, rekan kerja yang usil, media sosial, dan sebagainya. Anda cukup menghiraukan semua gangguan yang berpotensi menghambat produktivitas dengan tetap fokus pada pekerjaan. Memang tidak ada salahnya untuk memiliki sedikit hiburan dalam bekerja, selama hal tersebut tidak menghambat kewajiban Anda dalam bekerja.

Mengkaji Hasil Kerja

Working Progress
leaderchat

Untuk setiap minggunya, cobalah untuk mengkaji hasil kerja Anda dalam seminggu. Anda akan mengetahui apakah Anda sudah mencapai target kerja Anda atau masih belum mencapai itu. Hal ini cukup penting untuk menaikkan produktivitas kerja, karena Anda akan tahu dimana letak kesalahan dan kekurangan yang harus Anda perbaiki untuk kinerja yang lebih baik.

Berolahraga Secara Teratur

Work Out
womenshealthmag

Perlu diingat, percuma ingin memiliki produktivitas kerja yang tinggi tanpa didukung badan yang fit dan bugar. Tekanan yang tinggi dan konsentrasi yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan hasil kerja yang bagus, akan membuat tubuh kelelahan. Olahraga adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan agar tetap memiliki vitalitas yang tinggi dalam bekerja. Berolahraga secara teratur, minimal seminggu sekali, akan meningkatkan stamina dan kebugaran Anda sehingga Anda tidak akan cepat mengalami kelelahan dalam hari-hari kerja yang luar biasa sibuk sekalipun.

Meningkatkan produktivitas dalam bekerja memang bukan hal yang dapat dilakukan secara instan dan mudah. Anda dapat mencoba 5 tips di atas untuk membantu menaikkan produktivitas di tempat kerja. Yang utama, Anda harus tetap tekun dan konsisten dalam menjalankannya. Semoga berhasil.