Cara Menjaga Kadar Air dalam Tubuh saat Musim Hujan

musim hujan

Saat musim hujan tiba berarti ini saatnya Anda memperhatikan setiap asupan yang dikonsumsi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit selama musim hujan. Tetap terhidrasi mungkin tidak terlihat seperti hal yang penting untuk dilakukan selama musim hujan, namun ternyata menjaga tubuh tetap terhidrasi selama musim hujan sama pentingnya ketika cuaca panas, lho. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan jika tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat musim penghujan.

Manfaat Tercukupinya Air dalam Tubuh Ketika Musim Hujan

Mengatur Suhu Tubuh

musim hujan

Air membantu mengatur suhu tubuh agar tetap stabil baik saat musim panas maupun hujan. Tetap terhidrasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk tetap hangat secara internal dan mencegah kondisi seperti hipotermia.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

musim hujan

Udara yang dingin atau udara kering karena cuaca panas dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Jika kekebalan tubuh terganggu, maka Anda akan merasa lesu dan lebih rentan terhadap serangan penyakit. Jadi, minum cukup air dan tetap terhidrasi menjadi hal yang wajib untuk meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari penyakit.

Baca Juga: Kulit Kering saat Musim Hujan? Ini Tips untuk Mengatasinya!

Mengontrol Berat Badan

musim hujan

Saat Anda terhidrasi dengan baik, tubuh akan lebih efektif dalam memecah lemak. Secara tak langsung hal tersebut efektif mengatur berat badan tetap seimbang.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

musim hujan

Para pakar kecantikan kulit merekomendasikan untuk meminum cukup air untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Selama musim hujan penting untuk tetap terhidrasi agar kulit tidak kering dan kusam.

Tips Supaya Tetap Terhidrasi saat Musim Hujan

Minum Air Hangat atau Minum Air Suhu Kamar

musim hujan

Setelah seharian beraktivitas selama musim penghujan alangkah baiknya jika Anda meminum air hangat atau air dengan suhu kamar. Air hangat atau air dengan suhu kamar dapat lebih cepat diserap oleh tubuh.

Makan Buah Atau Sayuran Dengan Kandungan Air yang Tinggi

musim hujan

Makan banyak buah dan sayuran segar dengan kandungan air yang tinggi, juga merupakan cara yang bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Beberapa buah dan sayuran dengan kandungan air cukup tinggi antara lain stroberi, jeruk, nanas, selada, seledri, tomat, wortel, bayam, dan mentimun.

Batasi Minum Alkohol dan Kafein

musim hujan

Meskipun sangat nikmat untuk menikmati segelas teh panas, kopi, maupun minuman beralkohol selama musim hujan, namun jenis minuman tersebut akan membuat tubuh Anda dehidrasi. Jadi, mengonsumsi kafein atau minuman beralkohol berlebihan saat musim hujan sebaiknya dibatasi agar tidak terlalu berlebihan.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Sup Atau Kaldu

musim hujan

Tak hanya lezat, menyantap makanan hangat seperti sup atau kaldu saat musim dingin ternyata sangat baik untuk tubuh dan dapat membantu menahan air di dalam tubuh. Keutungan lainnya adalah kedua jenis makanan tersebut mampu menghangatkan tubuh dari dalam sehingga dapat mencegah gejala hipotermia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here