4 Tanda Kamu Bahagia dengan Hidupmu Meski Dihujani Pertanyaan “Kapan Nikah”

pertanyaan
sumber: freepik

Perempuan yang memasuki usia menjelang 30 tahun pasti sudah kebal dengan pertanyaan “kapan nikah”. Pertanyaan yang awalnya sekadar basa-basi dalam percakapan ternyata bisa menjadi hal paling dihindari bagi sebagian besar perempuan. Ya, pernikahan bukanlah lomba balapan. Belum menikah bisa jadi menjadi pilihan bagi sebagian perempuan. Hanya saja, ada saja orang-orang yang sekadar ingin tahu atau mempermasalahkan hal tersebut. Jangan dianggap sepele. Pertanyaan tersebut membuat beberapa perempuan merasa stres dan depresi lho. Nah, apakah kamu juga sering dihujani pertanyaan “kapan nikah”? Kamu tidak perlu merasa minder. Kamu berhak berbahagia dengan status dan kondisi apapun. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda kamu sudah bahagia meski orang-orang di sekitarmu selalu mempertanyakan status single-mu.

Kamu Tidak Baper Melihat Foto Teman-Temanmu yang Sudah Menikah

Meski pertanyaan “kapan nikah” sering membuatmu kesal, hal itu tidak menjadikanmu sosok yang mudah sedih hanya karena single. Kamu tahu bahwa timing menikah belum datang padamu. Bahkan, kamu cenderung bahagia ketika melihat teman-temanmu bisa menikah duluan. Rasa iri sama sekali tidak pernah terbesit di pikiranmu. Kamu selalu turut bahagia ketika mereka menikah dan memiliki anak. Tanda paling jelas adalah ketika kamu melihat feeds instagram teman-temanmu yang mulai dihiasi dengan konten keluarga kecil mereka tanpa rasa baper. Kalau kamu sudah di titik ini, selamat! Kamu benar-benar mensyukuri dan menerima hidupmu dengan bahagia.

Baca Juga: 3 Masalah Rumah Tangga yang Umum Terjadi Setelah 10 Tahun Menikah

Pertanyaan “Kapan Nikah” Tidak Membuatmu Mempermasalahkan Status Single-mu

sumber: freepik

Tanda berikutnya adalah kamu merasa sangat baik-baik saja meski belum memiliki pasangan. Kamu memiliki tujuan-tujuan lain dan harus fokus pada hal itu. Daripada harus galau karena tidak kunjung menikah, kamu memilih fokus pada hidupmu masa kini. Tentu banyak hal yang masih ingin kamu lakukan, misalnya meningkatkan jenjang karier, memperdalam hobi, hingga traveling. Di titik ini, kamu benar-benar tidak mempermasalahkan status single-mu asalkan masih bisa berbahagia dengan tujuan-tujuan yang kamu buat. Kamu keren!

Kamu Bahagia dengan Hidupmu Sendiri Tanpa Membandingkannya dengan Orang Lain

sumber: freepik

Perempuan yang tidak terganggu dengan pertanyaan “kapan nikah” pastinya selalu bahagia dengan pilihan hidupnya. Dia merasa sangat bersyukur pada setiap pemberian Tuhan. Apakah kamu sudah merasakan hal sama? Saat kamu berhenti membandingkan hidupmu dengan orang lain, maka kamu sudah sukses menjadi pribadi yang berbahagia. Kamu tidak menggantungkan kebahagiaanmu dengan hal-hal yang biasa dimiliki orang lain, misalnya status pernikahan, pekerjaan, atau uang. Kalau sudah begini, orang-orang pun bisa melihat sosokmu yang selalu ceria meski belum menikah.

Pertanyaan “Kapan Nikah” Tak Menjadi Beban Buatmu untuk Membuat Target Menikah

sumber: freepik

Kamu sadar kalau menikah bukanlah seperti perlombaan lari. Banyaknya pertanyaan dari orang-orang sekitarmu tidak membuatmu terburu-buru menentukan target menikah. Baik sudah memiliki pasangan atau belum, kamu tidak akan terpengaruh tekanan dari orang-orang. Namun, bukan berarti kamu enggan menikah ya. Hanya saja, kamu percaya sepenuhnya kalau setiap orang memiliki waktu masing-masing untuk menikah. Terburu-buru dalam menikah tentu tidak baik, apalagi jika kamu belum siap mental. Maka dari itu, kamu bisa lebih bijak untuk memutuskan kapan menikah.

Nah, sudahkah kamu kebal dengan pertanyaan “kapan nikah”? Semoga pertanyaan seperti ini tidak membuatmu merasa minder karena masih single ya. Jadikan saja pertanyaan basa-basi ini sebagai doa agar kamu didekatkan dengan jodohmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here