Lebaran Tanpa Santan Tetap Istimewa dengan 7 Menu Ini

Makanan bersantan memang selalu menjadi primadona yang dicari-cari saat merayakan Idulfitri. Sayangnya, mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, kolesterol, dan gangguan kesehatan lainnya. Sudah saatnya kamu menyajikan menu lebaran tanpa santan yang kandungan gizinya lebih seimbang.

Aneka makanan bersantan bisa disantap di lain hari dengan porsi yang lebih kecil. Sementara itu, perayaan Idulfitri di rumah akan tetap menyenangkan denga beberapa menu lebaran tanpa santan berikut ini:

Sop Iga Sapi

Siapa sih yang tak suka dengan sop iga sapi. Menu lebaran tanpa santan ini tak kalah lezat dibandingkan makanan bersantan lainnya. Agar kandungannya lebih sehat, jangan lupa membuang kuah rebusan iga yang mengandung banyak lemak, ya.

Kuah sop iga sapi yang berempah cocok dipadukan dengan kentang, wortel, dan kacang merah agar makin sedap.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Detoksifikasi Tubuh Setelah Lebaran Agar Kembali Fit

Garang Asem Ayam

Garang asem ayam tanpa santan merupakan menu lezat yang jarang ditemui. Rasa segar dari belimbing wuluh membuat sajian ini tak terasa membosankan.

Jika kamu tidak berhasil mendapatkan belimbing wuluh, gunakan tomat hijau sebagai pengganti supaya cita rasa garang asem ayam tetap asam segar.

Semur Daging Sapi

Semur daging sapi adalah menu lebaran tanpa santan khas masyarakat Betawi. Selain bisa disantap dengan nasi, menu yang satu ini juga cocok dinikmati dengan ketupat.

Kamu harus menggunakan banyak rempah agar cita rasa semur lebih istimewa dan tidak membosankan.

Soto Ayam Kuah Bening

Selain sop iga, ada soto ayam kuah bening yang cocok menjadi alternatif menu lebaran tanpa santan. Jenis soto ayam ini biasanya terdiri dari bahan isian berupa suwiran ayam, irisan kol, bihun, potongan tomat, irisan seledri, dan bawang goreng.

Soto ayam kuah bening juga cocok disajikan dengan potongan ketupat karena membuat perpaduan rasanya jadi lebih menarik.

Rolade Daging

Sumber: resepkoki.id

Sajian rolade daging saus asam manis memang selalu berhasil menggugah selera. Kalau bosan dengan hidangan bersantan, menu spesial yang satu ini bisa menjadi alternatif yang menarik.

Gunakan daging dalam jumlah banyak supaya rolade buatan kamu terasa juicy dan gurih, ya.

Rawon Daging Sapi

Kalau kamu pencinta makanan khas Jawa Timur, kamu pasti menyukai rawon daging sapi. Agar rawon buatanmu tidak terlalu berlemak, hindari penggunaan jeroan dan gajih sapi.

Sebagai gantinya, gunakan daging yang tidak mengandung banyak lemak sebagai bahan utama.

Ikan Bakar Sambal Matah

Lebaran tak harus identik dengan aneka menu daging. Kamu bisa menyajikan menu lain berupa ikan bakar sambal matah yang sehat dan segar. Sensasi menu lebaran tanpa santan berbahan dasar ikan ini akan menggugah selera keluarga maupun tamu yang bersilaturahmi ke rumah saat Idulfitri.

Di antara ketujuh menu lebaran tanpa santan tersebut, mana yang paling menarik perhatianmu?

Yuk, kurangi konsumsi santan secara bertahap agar kamu sekeluarga tetap sehat selama merayakan Idulfitri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here