4 Menu Olahan Ayam Oriental Ini Dijamin Bikin Otomatis Lapar!

menu olahan ayam
sumber: Mrs. Culinary

Kuliner ayam menjadi salah satu favorit hampir semua orang Indonesia. Banyak sekali menu olahan ayam yang biasa dimakan orang Indonesia, misalnya opor ayam, kari ayam, ayam goreng, ayam bakar, dan lain-lain. Kuliner ayam juga biasanya menjadi primadona di berbagai restoran karena dianggap enak dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Namun, bukan hanya kuliner ayam khas Indonesia saja lho yang digemari. Masakan ayam ala oriental juga disukai karena memiliki cita rasa tersendiri yang lezat. Berikut ini adalah beberapa menu olahan ayam oriental yang paling banyak digemari orang Indonesia. Siap-siap buat belajar membuatnya, ya!

Ayam Saus Lemon yang Enak Banget

sumber: ResepKoki

Ayam goreng tepung sangat disukai siapapun, terutama oleh anak-anak. Menu olahan ayam yang satu ini bukan saja menyajikan kelezatan ayam goreng tepung, tetapi juga bisa menggoyang lidah dengan suas lemonnya. Cara membuat menu ini cukup mudah kok. Goreng saja potongan ayam yang sebelumnya sudah dilumuri bumbu-bumbu dan tepung. Sementara sausnya berasal dari beragam bahan seperti jeruk lemon, madu, parutan jahe, garam, gula, serta tepung maizena. Masak bahan-bahan tersebut bersama air. Setelah itu, tuangkan saus lemon di atas ayam goreng tepung tadi. Wah, bikin lapar ya!

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli – Paling Mudah dan Praktis untuk Dicoba di Rumah!

Menu Olahan Ayam Ini Sangat Populer, yaitu Ayam Saus Mentega

sumber: Vemale.com

Menu oriental berikutnya tentu sudah tidak asing di telinga kamu. Namanya adalah ayam saus mentega. Siapapun pasti suka kuliner ini bukan? Bayangkan saja gurihnya bumbu kecap bersama mentega yang berpadu jadi satu di lidah. Duh, pasti ngiler! Kamu hanya perlu memotong ayam menjadi bentuk kecil-kecil, lalu lumuri dengan bumbu seperti bawang putih, garam, dan jeruk nipis. Goreng potongan ayam tersebut dan sisihkan. Kemudian, masukkan mentega di dalam wajan dan tumis bawang bombai sampai harum. Tambahkan kecap sesuai selera, kemudian masukkan ayam tadi. Ayam saus mentega pun siap disajikan.

Ayam Tausi yang Sausnya Mirip Tauco, Yummy Deh!

sumber: YouTube

Menu olahan ayam ini sekilas memiliki rasa mirip tauco. Ayam tausi merupakan salah satu menu oriental yang ada saus tausi di dalamnya. Tausi adalah saus yang dibuat dari fermentasi kedelai hitam. Dibandingkan tauco, aroma tausi jauh lebih ringan dan pastinya lezat. Kamu cukup mempersiapkan saus tausi yang ditumis bersama bawang putih, air, jahe, lada bubuk, dan jeruk nipis. Setelah itu, masukkan potongan-potongan ayam yang sudah digoreng sebelumnya. Nikmati ayam tausi ini selagi hangat bersama nasi ya! Dijamin enak!

Ayam Kungpao Menjadi Menu Olahan Ayam yang Paling Favorit

sumber: Mrs. Culinary

Selain ayam saus mentega, menu ayam oriental ini juga cukup dikenal. Ayam kungpao ini menjadi menu wajib di berbagai restoran oriental. Paduan saus tiram dan minyak wijen di dalamnya menjadikan kuliner ini sayang untuk dilewatkan. Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama, goreng ayam yang sebelumnya sudah dipotong menjadi bentuk kecil-kecil. Kemudian, tumis bawang putih, bawang bombai, dan cabai sampai harum. Masukkan potongan ayam yang sudah digoreng tadi dan tambahkan saus tiram, saus tomat, kecap manis, dan minyak wijen. Tambahkan juga sedikit air. Untuk penyajiannya, jangan lupa tambahkan potongan daun bawang di atas ayam kungpao ini. Yummy!

Tentu masih banyak menu olahan ayam ala oriental yang bisa kamu coba. Jadi, mulai sekarang kamu bisa nih bereksperimen pada menu-menu ayam. Jangan melulu memasak ayam goreng atau ayam bakar saja ya! Sesekali coba hidangkan menu oriental ini di meja makanmu. Pastinya lezat!

Beri komentar Anda tentang artikel ini