Mungkinkah Menurunkan Berat Badan tanpa Diet? Bisa Kok, Begini Caranya!

Mungkinkah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet? Bisa Kok, Begini Cara!
Sumber: Healthline

Program penurunan berat badan konvensional menekankan pada rencana diet dan olahraga. Namun, hasil sains menyatakan ada bukti yang dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori dengan cara mudah. Dapat dikatakan bila ini adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan, sekaligus mencegah kenaikan berat badan di masa yang akan datang. Dan berikut tips menurunkan berat badan tanpa diet.

Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Diet

Piring Merah untuk Makanan Tidak Sehat

Sumber: Tokopedia

Anda tentu paham bila warna merah identik dengan istilah ‘stop’ atau larangan. Memang ini adalah strategi tak biasa yang digunakan namun cukup membantu Anda makan lebih sedikit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik ini paling tidak tampak bekerja untuk camilan tak sehat.

Ada hasil penelitian cukup unik tentang penggunaan pirang merah untuk membantu menurunkan berat badan tanpa diet. Dalam sebuah studi, sukarelawan diketahui makan pretzels lebih sedikit dibandingkan dengan makanan yang disajikan dengan piring putih atau biru. Penjelasan ini dapat dikaitkan dengan warna merah sebagai sinyal untuk berhenti.

Baca Juga: 4 Kesalahan Cara Diet Ini Justru Bikin Anda Gemuk, Jadi Gagal Kurus!

Mengonsumsi Protein dengan Cukup

Badan Lemas Tak Bertenaga? Ini Tandanya Bila Anda Perlu Mengonsumsi Protein
Sumber: Medicalnewstoday

Anda bisa menurunkan berat badan tanpa diet dengan mengonsumsi protein yang cukup. Protein diketahui memiliki pengaruh kuat pada nafsu makan karena dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu makan kalori lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena protein memengaruhi hormon dengan berbagai cara yang memainkan peranan pada rasa lapar dan kenyang.

Dalam salah satu studi ditemukan bahwa peningkatkan asupan protein dari 15 persen ke 30 persen kalori membantu peserta diet makan 441 kalori lebih sedikit per hari dan kehilangan 11 pounds selama 12 minggu, rata-rata, tanpa secara sengaja membatasi jenis makanan apapun. Bila sekarang ini Anda sarapan bagi dengan basis gandum, pertimbangkan menggantinya dengan makanan tinggi protein seperti telur agar bisa sukses menurunkan berat badan tanpa diet.

Dalam studi lain, wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas yang makan telur untuk sarapan pagi diketahui lebih sedikit makan kalori saat makan siang dibandingkan dengan mereka yang sarapan pagi dengan makanan berbasis gandum. Selain itu, mereka juga makan lebih sedikit kalori di sisa hari dan dalam 36 jam ke depan. Contoh jenis makanan dengan kandungan protein tinggi adalah dada ayam, ikan, Greek yogurt, lentil, almond, dan quinoa.

Simpan Makanan Tidak Sehat Jauh dari Pandangan

Kenapa Makanan Berminyak Tidak Baik Untuk Kesehatan? Ini Dia Alasannya
Sumber: Justdakhila

Menyimpan makanan tidak sehat di mana Anda bisa dengan mudah melihatnya dapat meningkatkan rasa lapar hingga menyebabkan Anda makan lebih banyak. Hal ini juga bisa memicu kenaikan berat badan. Dalam sebuah studi ditemukan bila makanan tinggi kalori terlihat dengan mudah di rumah, anggota keluarga cenderung memiliki masalah berat badan dibandingkan dengan orang-orang yang menampakan semangkok buah-buahan di meja.

Cara ini memang unik, namun bila Anda ingin menurunkan berat badan tanpa diet, mulai sekarang simpanlah makanan tidak sehat jauh dari pandangan, seperti di lemari makan karena tempat ini cenderung tertutup dan tidak terlihat. Di sisi lain, biarkan makanan sehat disajikan di meja makan dan mudah terlihat sehingga Anda akan ngemil makanan sehat.

Minum Air yang Cukup

akibat kurang minum
Sumber : gayahidup.dreamers

Anda mungkin tidak menyadari bila minum air yang cukup bisa membantu menurunkan berat badan tanpa diet. Ini khususnya dilakukan sebelum Anda makan. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada orang dewasa, ditemukan bahwa minum 500 ml air 30 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori.

Peserta yang minum air sebelum makan kehilangan berat badan lebih sekitar 44 persen dalam periode 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya. Bila Anda mengganti minuman tinggi kalori, seperti soda atau jus dengan tambahan gula dengan air, bisa jadi Anda mengalami efek yang lebih besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here