4 Tips Esensial untuk Menyaring Kandidat yang Harus Dipahami Semua HRD

Sumber : businessadvice

Menyaring kandidat adalah bagian yang paling penting dalam proses rekrutmen. Karena sebagian besar lowongan pekerjaan yang dibuka biasanya memiliki puluhan dan bahkan ratusan pelamar, memastikan bahwa Anda memilih kandidat yang paling rlevan untuk menghadapi tahapan-tahapan proses berikutnya adalah hal yang krusial agar proses rekrutmen bisa sukses. Namun, banyak perusahaan yang kesulitan menyaring kandidat dengan tepat. Pihak HRD melakukan hal-hal yang tidak relevan seperti membaca CV dan membuat keputusan berdasarkan ejaan yang salah, format dan kenyamanan dipandang, foto yang dipasang, dan hal-hal lain yang remeh. Jika Anda melakukan hal-hal ini, maka kini saatnya meningkatkan kualitas hasil rekrutan Anda lewat tips-tips esensial berikut.

Berikut Cara Menyaring Kandidat Secara Efektif yang Sebaiknya Anda Ikuti

Mulailah dengan Spesifikasi Kandidat Ideal

resume tanpa pengalaman kerja
Sumber : livecareer

Sebelum Anda mulai proses menyaring kandidat, sangat penting untuk menentukan seperti apa kandidat ideal Anda seharusnya. Tanyakan kepada diri Anda sendiri kualifikasi dan pengalaman seperti apa yang akan dibutuhkan untuk bisa sukses di posisi itu dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk bisa menjalankan peran yang Anda buka. Akan berguna juga jika Anda membandingkan spesifikasi kandidat ideal tersebut dengan karyawan paling top yang saat ini Anda miliki di perusahaan jika Anda punya karyawan teladan dengan peran yang paralel.

Baca Juga: 4 Langkah yang Harus Dilakukan HRD saat Menurunkan Jabatan Karyawan

Gunakan Pengaturan Prioritas untuk Spesifikasi Kandidat Ideal

prioritas kebutuhan

Saat Anda menulis spesifikasi kandidat ideal, buatlah sebuah daftar segala keterampilan, kualitas, dan atribut yang Anda cari untuk target kandidat yang Anda miliki. Lalu, tandailah mana-mana saja dari daftar tersebut yang W (wajib), E (esensial), dan P (preferensi atau lebih disukai). Kemudian, beri skor pada tiap-tiap atribut.

W adalah persyaratan wajib minimum yang harus ada pada seorang kandidat saat Anda menyaring kandidat potensial untuk masuk dalam tahap wawancara. E adalah atribut esensial yang harus didemonstrasikan pada saat wawancara untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Sedangkan, P adalah apa yang akan jadi nilai plus jika dimiliki oleh sang kandidat. Gunakan ini untuk menganalisa CV kandidat. Jika seorang kandidat memiliki semua W, maka undanglah menghadiri wawancara pertama. Dengan ini, Anda tidak hanya mengandalkan perasaan saja.

Lakukan Seleksi Kandidat dalam Beberapa Tahap

membaca resume
Sumber: eremedia

Cara paling mudah untuk menyaring kandidat adalah dengan melakukannya dalam beberapa tahap. Tahap pertama harus dengan melihat semua CV dan mengeliminasi mereka yang tidak memenuhi persyaratan wajib. Dengan ini, daftar panjang pelamar yang pada mulanya terasa sangat membebani akan jadi lebih mudah dikelola. Tahap kedua Anda harus menyeleksi CV yang tersisa yang belum Anda eliminasi, memberikan skor kepada kandidat berdasarkan item-item yang ada pada daftar kriteria esensial Anda untuk diundang pada wawancara. Gunakan sebuah spreadsheet atau database saat menyaring kandidat dengan cara ini. Ini akan memberikan Anda jalan mudah untuk menilai ranking kandidat secara objektif jadi Anda bisa memiliki daftar sepuluh kandidat terbaik untuk diseleksi di tahapan-tahapan berikutnya.

Jangan Mengandalkan Intuisi

Sumber: americasbusinessguide

Tetap menggunakan sistem W-E-P yang terstruktur yang logis akan membantu Anda menyaring kandidat tanpa bias-bias yang dangkal seperti menghakimi kandidat berdasarkan desain dari CV atau apa yang mereka tuliskan di bawah heading “hobi dan ketertarikan.” Hal-hal ini jelas sebenarnya sangat tidak berguna dalam menentukan apakah mereka berkualifikasi atau tidak. Jika mereka memiliki semua persyaratan yang wajib dimiliki untuk menjalani pekerjaan tersebut dengan baik, gunakanlah tahap wawancara untuk menilai kandidat itu dengan lebih objektif. CV hanya bisa memberikan informasi yang terbatas.

Beri komentar Anda tentang artikel ini