Kesel Deh kalau Sering Terlambat Gajian, Bagaimana Cara Menyikapinya?

Momen gajian pasti selalu dinantikan oleh seluruh karyawan. Sayangnya, tak sedikit karyawan yang harus kecewa karena sering terlambat gajian. Padahal, membeli kebutuhan dan pelunasan sejumlah cicilan lainnya tentu tak bisa ditunda.

Jangan dongkol dulu bila kamu termasuk karyawan yang sering terlambat gajian. Lakukan beberapa hal ini agar masalah telat gajian tak mengganggu kamu dan keluarga:

Berdiskusi dengan Rekan Kerja dan Atasan

Hal pertama yang patut dilakukan bila sering terlambat gajian adalah berdiskusi dengan rekan kerja dan atasan. Kamu dan rekan-rekan kerja harus kompak menyikapi masalah ini. Sehingga atasan menganggap masalah gajian sebagai sesuatu yang serius dan wajib dibicarakan dengan atasan yang jabatannya lebih tinggi.

Biasanya atasan yang bertanggung jawab terhadap bawahan akan berusaha menuntaskan masalah ini agar bawahannya bisa mendapat gaji tepat waktu.

Baca Juga: Jangan Bekerja Hanya Demi Gaji agar Tidak Mengalami 5 Hal Ini

Memundurkan Jadwal Pembayaran Tagihan

Sering terlambat gajian pasti juga berimbas pada kelancaran pembayaran tagihan. Bila kamu merasa kewalahan dengan masalah ini, sebaiknya kamu mengajukan re-schedule atau memundurkan jadwal pembayaran tagihan. Sehingga kamu bisa menyelesaikan cicilan setiap bulan ketika sudah menerima gaji bulanan dari perusahaan.

Bila memiliki rezeki berlebih, tak ada salahnya pula jika kamu lekas melunasi tagihan-tagihan yang ada supaya beban finansial semakin ringan.

Memanfaatkan Dana Darurat

Masalah sering terlamabat gajian memang membuat kamu kesulitan memenuhi kebutuhan hidup dan menyelesaikan sejumlah kewajiban finansial lainnya. Namun, kamu dapat mengatasinya dengan memanfaatkan dana darurat yang sudah dikumpulkan secara teratur.

Meskipun bisa mengandalkan dana darurat untuk sementara waktu, jangan lupa mengganti dana yang digunakan setelah kamu menerima gaji. Jangan sampai dana darurat habis hingga membuat kamu memenuhi kebutuhan mendesak di lain kesempatan.

Memiliki Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Karyawan yang memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan tak akan mengalami masalah besar bila sering terlambat gajian. Karena pendapatan dari pekerjaan atau bisnis sampingan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan diri sendiri dan keluarga. Tak hanya memiliki dana cadangan dalam jumlah banyak, pekerjaan atau bisnis sampingan juga dapat mendukungmu untuk berinvestasi sejak dini.

Kamu tak boleh mengabaikan kecenderungan sering telat gajian sebab hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa perusahaan tempat kamu bekerja sedang tidak stabil. Jangan sampai kamu mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tanpa persiapan kondisi finansial yang matang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here