Merusak Kesehatan, Ini Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di dalam Freezer

Pembekuan adalah salah satu cara untuk dapat mengawetkan makanan dan menikmatinya di kemudian hari. Tetapi tidak semua makanan cocok untuk dimasukkan ke dalam freezer, baik karena kualitasnya akan menurun atau berpotensi menimbulkan risiko kesehatan bagi mereka yang mengkonsumsinya setelah pembekuan. Berikut adalah 6 makanan yang tidak disarankan untuk disimpan ke dalam freezer.

Cairan dalam Wadah atau Kaleng Kaca Tertutup

Bukan rahasia bahwa cairan mengembang dan kontras ketika ditempatkan di dalam freezer. Jadi, sangat tidak disarankan untuk menempatkan wadah gelas yang penuh dengan cairan di dalam freezer, begitu juga dengan wadah kaleng atau wadah penyimpanan plastik.

Hal ini karena cairan itu bisa pecah atau bahkan meledak dalam proses pembekuan.

Telur utuh

Meskipun ada yang mengatakan tidak apa-apa untuk membekukan telur, namun hal tersebut tidak dibenarkan karena telur bisa pecah di dalam freezer. Ketika telur menjadi dingin, mereka berkontraksi dan memiliki gelombang ekspansi ketika mencapai titik beku.

Baca Juga: Gemar Memasak Makanan Beku? Ini Dia Mitos Mengejutkan di Baliknya yang Seringkali Dianggap Benar

Pembekuan Daging Mentah, Ikan, atau Unggas

Daging beku yang telah dibekukan dapat menyebabkan kualitas yang buruk dan meningkatkan potensi bakteri. Produsen biasanya membekukan daging pada 80 derajat di bawah nol untuk membantu membunuh parasit apa pun.

Ketika kamu membekukan daging pada suhu beku normal di rumah, biasanya sekitar nol derajat, daging menjadi keras dan tidak enak. Kamu juga justru mengundang perubahan ini untuk pertumbuhan mikroba yang tidak selalu mati pada suhu freeze.

Susu, Krim Asam, dan Yogurt

Susu dapat dibekukan selama satu hingga tiga bulan. Meski begitu, susu atau produk susu lainnya kemungkinan tidak akan terasa sama seperti sebelum dibekukan. Setelah produk susu dicairkan, maka akan terpisah menjadi air dan potongan dadih.

Biji Kopi atau Biji Kopi Bubuk

Menambahkan es ke dalam kopi memang tak menimbulkan masalah, tapi bukan berarti ide yang baik untuk menyimpan biji kopi atau kopi bubuk ke dalam freezer.

Ketika membekukan kopi, kamu akan mendapatkan bubuk yang bau, lembap, dan rasanya tidak enak karena menyerap rasa dan kelembapan dari produk lain yang tersimpan di dalam freezer atau kulkas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here