Ingin Merekrut Kandidat Berkualitas? Begini Langkah-Langkahnya

merekrut kandidat berkualitas
sumber: businescollective

Proses rekrutmen adalah salah satu aspek paling penting bagi keberadaan sebuah perusahaan. Apa yang seharusnya jadi sebuah momen yang menyenangkan untuk pertumbuhan dan inspirasi perusahaan bisa berubah menjadi bencana yang membuat mimpi buruk perusahaan. Bagi Anda yang merupakan anggota tim HR, pengetahuan bahwa setiap orang baru yang Anda tambahkan bisa mendorong atau menghambat laju tim bisa membuat Anda harus menjalani langkah-langkah yang rumit dan membuat stres saat ingin merekrut kandidat berkualitas.

Sebelum Anda memulai proses rekrutmen tersebut, Anda harus memahami sepenuhnya biaya dan keuntungan mempekerjakan karyawan baru. Untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal dari investasi Anda, perusahaan Anda perlu merekrut kandidat berkualitas, bahkan yang terbaik dari yang terbaik. Lantas, bagaimana caranya?

Ini Caranya Merekrut Kandidat Berkualitas untuk Perusahaan Anda

Berfokuslah pada Hubungan

kandidat aktif
Sumber : enterpreneur

Hal yang paling krusial untuk diingat adalah bahwa perekrut yang baik semuanya selalu berfokus pada hubungan. Hidup adalah sebuah proses yang panjang, termasuk hidup dari perusahaan tempat Anda bekerja, dan hubungan-hubungan selalu berdasarkan pemahaman dan apresiasi yang merupakan proses yang panjang pula. Selama proses rekrutmen berlangsung, pastikan bahwa cara tim Anda berinteraksi dengan kandidat mendemonstrasikan komitmen perusahaan Anda terhadap pembangunan hubungan yang awet.

Sebelum wawancara berlangsung, lakukan dulu riset, sehingga Anda bisa dengan tulus berhubungan dengan kandidat mengenai keahlian dan kemampuan mereka. Pada akhirnya nanti, percakapan jujur dan terbuka ini akan membuat Anda jadi lebih mudah menjual pekerjaan yang Anda iklanan, dengan menyesuaikan penawaran perusahaan Anda dengan gol-gol individu tersebut.

Untuk bisa merekrut kandidat berkualitas lebih efektif di kemudian hari, jangan lupa untuk meminta follow up kepada kandidat yang sudah Anda proses untuk menanyakan bagaimana proses wawancara tersebut. Umpan balik ini akan membantu Anda meningkatkan proses rekrutmen tersebut di masa depan.

Baca Juga: Lakukan Kiat-Kiat Ini Jika Ingin Merekrut Pekerja Kreatif yang Berkualitas

Ingatlah Generasi Milenial

etos kerja milenial
Sumber : buildrealy

Pada tahun 2030 nanti, generasi milenial akan membanjiri 75% pasar kerja. Jadi, jika kini Anda tidak berusaha merekrut kandidat berkualitas dari golongan ini, maka Anda harus segera mulai membuat rencana proses rekrutmen yang menarik para milenial. Ini mungkin lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Karena, dibandingkan dengan generasi karyawan yang berikutnya, milenial memiliki perspektif yang sangat berbeda mengenai kehidupan kantor dan bagaimana mereka membayangkan lajur karir mereka.

Langkah pertama Anda haruslah menerima dan menciptakan sebuah budaya kepelatihan. Milenial selalu mempertimbangkan bagaimana mereka bisa belajar dan berkembang di sebuah posisi yang mereka pegang. Mereka juga ingin memiliki pelatih atau mentor yang berinvestasi pada perkembangan pribadi dan profesional mereka. Saat berusaha merekrut kandidat bekualitas dari generassi ini, pastikan Anda menekankan nilai-nilai dari perusahaan Anda dan strategi spesifik untuk pengembangan dan pelatihan. Ciptakan lingkungan kerja yang ramah generasi milenial.

Gunakan Bantuan Ahli

yang dibutuhkan perekrut
Sumber: thewrittenreference

Di luar sana memang ada lautan talenta jika Anda ingin merekrut kandidat berkualitas, tetapi juga ada banyak perusahaan saingan yang mencari keahlian yang sama. Agar perusahan Anda bisa menonjol dan sukses dalam merekrut kandidat berkualitas, Anda harus bekerja keras untuk memaksimalkan jangkauan dan visibilitas Anda. Terlibatlah dengan komunitas-komunitas rekrutmen, manfaatkan berbagai aplikasi, targetlah baik situs-situs lowongan umum maupun niche, dan bahkan kontaklah agen rekrutmen di seluruh dunia untuk lebih mendalami proses dan kandidat berkualitas. Dalam era ini, rekrutmen global adalah sesuatu yang sudah umum dan akan menjadi semakin umum dengan terterapkannya pasar bebas.

Dengan proses rekrutmen yang canggih dan lengkap, Anda jadi makin mudah saat berusaha merekrut kandidat berkualitas untuk posisi yang sedang lowong. Semoga sukses!

Beri komentar Anda tentang artikel ini