Jangan Stres! Beginilah Cara Meringankan Beban Kerja di Kantor

Beban kerja yang berat terkadang memberikan efek buruk bagi kesehatan para pekerja, sehingga tugas yang dikerjakan tidak memberikan hasil memuaskan. Terkadang, beban kerja yang berat juga dapat menurunkan produktivitas selama di kantor. Oleh karena itu, berikut ini tujuh strategi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meringankan beban kerja yang membuat stres.

Tetapkan Sistem Kerja

Memfokuskan diri pada tumpukan beban kerja yang membuat Anda stres tidak akan membawa Anda ke mana pun. Anda memerlukan sistem kerja untuk menyelesaikannya. Tetapkan jadwal realistis yang juga sesuai dengan harapan bos Anda, pilah tugas-tugas tambahan dari yang berskala besar ke kecil, dan lihat ke depan untuk mengidentifikasi masalah potensial selanjutnya yang akan Anda hadapi.

Buat Daftar Kerja untuk Menjaga Fokus

Jika Anda tidak terbiasa bekerja dengan teratur, maka buatlah daftar tentang apa yang harus dikerjakan lebih dahulu. Daftar kerja dapat menjadi tiang penuntun penting atau jalur kehidupan ketika Anda siap bekerja dan berjuang untuk meraih tujuan. Selalu perbaharui daftar kerja Anda di awal hari dan akhir hari kerja.

Hindari Menerima Pekerjaan Melebihi Kemampuan

Terlalu mudah untuk mengatakan “ya” untuk setiap tugas yang diberikan atasan atau rekan kerja Anda bisa menjadi bumerang. Ketahui batasan Anda. Bahkan jika Anda harus melewatkan proyek yang menjanjikan, Anda meningkatkan posisi Anda dalam jangka panjang dengan mempertahankan kualitas kerja yang tinggi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menangani Pengalihan Beban Kerja dari Rekan yang Resign?

Lakukan Tugas Hanya di Kantor

Ketika sudah memasuki akhir hari kerja, pastikan Anda berhenti pada titik yang seharusnya. Lepaskan semua pekerjaan atau beban kerja bila sudah waktunya untuk pulang ke rumah atau hari weekend. Dengan begitu, Anda bisa sedikit melepas beban yang berat di pikiran dan punggung Anda.

Fokus pada Satu Tugas dalam Satu Waktu

Meskipun zaman ini sudah banyak orang yang multitasking, namun penelitian menunjukkan bahwa manusia tidak terlalu pandai dalam hal itu. Alih-alih menghabiskan energi dan efektivitas Anda pada tiga atau empat pekerjaan yang berbeda, fokuslah pada satu tugas dalam satu waktu. Anda akan melakukan pekerjaan yang lebih baik dan membuat kemajuan yang lebih besar.

Beri Diri Anda Waktu Istirahat

Jangan mengisi jam istirahat dengan pekerjaan. Itu adalah jebakan yang dapat menurunkan kaliber produk akhir Anda dan yang lebih penting dapat dengan mudah menghancurkan kualifikasi hidup Anda. Istirahat yang cukup, termasuk istirahatkan mental Anda, yang mana Anda tak perlu memikirkan dunia kerja dan kantor sama sekali. Bersenang-senanglah dengan kehidupan di luar tempat kerja!

Baca Juga: 3 Trik agar Pegawai Tak Terbebani saat Ingin Menjadi Sempurna di Lingkungan Kerja

Jangan Ragu untuk Minta Bantuan

Jangan terlalu bangga atau takut untuk meminta bantuan. Atasan Anda akan jauh lebih bahagia karena Anda mencari bantuan untuk menyelesaikan tugas, daripada Anda menyelesaikannya sendiri dengan hasil yang tidak memuaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here