Duh, Suasana Kantor Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Mental

Kantor modern merancang desain ruangan mereka secara khusus untuk dua tujuan, yakni meningkatkan produktivitas dan kolaborasi antar karyawan. Namun, hasil penelitian menunjukkan lingkungan kerja modern bisa merusak kesehatan mental pekerja.

Terlebih, mayoritas pekerja harus berada di kantor kurang lebih delapan jam dari Senin hingga Jumat. Tak heran, dampak negatif suasana kantor yang buruk untuk kesehatan mental semakin mengkhawatirkan.

Interior Kantor yang Gelap

Mereka yang bekerja di kantor tanpa memiliki jendela sehingga ruangan bernuansa gelap akan mengalami gangguan tidur dan kesehatan mental yang lebih rendah daripada mereka yang memiliki pencahayaan alami.

Cahaya alami, terutama di pagi hari, akan membantu mengatur jam biologis tubuh Anda dengan cara yang sehat. Menghabiskan sepanjang hari di ruang yang gelap atau terang secara artifisial dapat meningkatkan risiko Anda mengalami pola tidur yang buruk. Pola tidur yang buruk akan meningkatkan risiko depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Jika Anda tidak dapat memindahkan meja di dekat jendela, cobalah untuk menghabiskan 15 hingga 20 menit di luar ruangan di pagi hari untuk membantu pengaturan siklus tidur-bangun Anda.

Baca Juga: Motivasi Kerja Menurun, Cobalah Solusi Ini untuk Kembalikan Produktivitas

Suasana Kantor yang Gaduh

Desain ruang kerja yang terbuka berarti setiap pekerja dapat mendengarkan percakapan satu sama lain, suara mesin pencetak atau musik yang sedang didengar rekan kerja. Menurut sebuah studi tahun 2016 di Jerman, paparan kebisingan lingkungan yang mengganggu bisa dikaitkan dengan penurunan kesehatan mental. Hal ini terjadi karena kebisingan bisa meningkatkan stres.

Semakin Anda jengkel oleh suara gaduh di kantor, maka akan  semakin buruk pengaruhnya bagi kesehatan mental Anda. Oleh karena itu, penggunaan headphone sebagai peredam suara dapat mengatasinya.

Terkukung Komunikasi Digital

Penelitian dari Harvard Business School mengatakan komunikasi menggunakan bantuan teknologi dapat menghambat interaksi tatap muka. Imbasnya, bentuk komunikasi digital dapat menyebabkan kesehatan mental yang memburuk.

Hasil penelitian, termasuk studi yang diterbitkan mengenai veteran militer, telah menunjukkan rendahnya gangguan depresi dan kesehatan mental lainnya yang menimpa mereka yang berkomunikasi tatap muka. Hasil kontras ditunjukkan penelitian komunikasi digital.

So, pergi makan siang bersama kolega Anda bisa menjadi obat yang efektif. Lebih baik Anda keluar dari kantor dan menjauh dari komputer sejenak demi menjaga kesehatan mental Anda.

Kurang Privasi

Kurangnya ruang privasi di kantor juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental karena Anda merasakan kelelahan emosional. Journal of Environmental Psychology mengatakan masalah ini bisa diatasi dengan mempersonalisasikan ruang kantor Anda dengan barang-barang Anda sendiri, seperti gambar, memorabilia, dan hiasan lainnya. Upaya membuat ruangan kerja menjadi ruang pribadi bisa membantu efek negatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here