MeTube: Layanan Video Sharing Buatan Anak Bangsa

MeTube: Layanan Video Sharing Buatan Anak Bangsa
Source: sindonews

MeTube menyediakan layanan video sharing dan live streaming. Aplikasinya dirilis oleh PT Global Mediacom Tbk yang merupakan anak perusahaan MNC Group.

Banyaknya penikmat konten video membuka peluang bagi beberapa perusahaan media untuk ikut serta menyediakan layanan video sharing. Salah satunya adalah MNC Group. Lewat kerja sama salah satu anak perusahaannya dengan PT Linktone Indonesia, MNC merilis MeTube pada awal tahun 2016.

Kehadiran MeTube ikut memperlebar peta persaingan penyedia video sharing di Indonesia. Sebelumnya, perusahaan media lainnya, yakni Emtek Group juga telah merilis Vidio.com. Kedua layanan tersebut mau tak mau harus saling bersaing. Meskipun di sisi lain, YouTube masih menjadi penyedia layanan video sharing paling digemari sampai saat ini.

Strategi MeTube Merangkul Pengguna

Dibesut sebagai karya anak bangsa, MeTube mengandalkan konten-konten berformat live streaming untuk mencuri perhatian pengguna. Selain itu, layanan video sharing ini juga memperkenalkan fitur safe filter untuk membatasi konten-konten negatif.

Strategi MeTube Merangkul Pengguna
Foto: tribunnews

Khusus konten berformat live streaming, konten-konten tersebut disediakan oleh beberapa stasiun televisi yang ada di tanah air. Sebagian besar merupakan stasiun televisi yang berada di bawah naungan MNC Group seperti RCTI dan Global TV. Kendati demikian, tayangan dari beberapa stasiun televisi lain juga bisa disaksikan. Di antaranya adalah MetroTV, NET, dan Indosiar.

MeTube juga kerap menyiarkan tayangan live streaming siaran langsung olahraga. Salah satu yang paling populer adalah tayangan live pertandingan sepakbola. Baik klub-klub dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga: Menonton Channel TV Indonesia Makin Mudah dengan Mivo

Foto: theworldnews

Berbeda dari YouTube yang mengandalkan jumlah viewers, MeTube lebih berkonsentrasi untuk menyajikan konten menarik sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah dengan cara menggelar program Indonesian Idol Junior. Untuk audisinya, calon peserta diwajibkan mengunggah videonya di MeTube. Ajang tersebut berhasil menggaet 345 peserta dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya MeTube juga telah beberapa kali menggelar kompetisi video kreatif bertema bebas. Pemenang ditentukan berdasarkan video kiriman yang meraih like terbanyak.

Untuk aplikasinya, MeTube dapat diunduh lewat Google PlayStore dan iOS Store. Tampilan aplikasinya tidak banyak berbeda dengan tampilan aplikasi penyedia layanan video sharing lainnya. Pada aplikasi tersebut terdapat tiga menu utama yakni Categories (sport, gaming, fashion, komedi), Channel (pilihan channel milik content creator), dan Explore (menonton beragam video yang sudah di-upload).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here