Microblog: Strategi Baru Memanfaatkan Media Sosial untuk Popularitas Bisnis

Penggunaan media sosial untuk mempopulerkan bisnis memang sudah tak asing lagi. Namun, teknik penggunaannya tak boleh sembarangan supaya bisa memberikan hasil maksimal. Salah satu strategi baru yang patut kamu manfaatkan untuk mendukung bisnis melalui media sosial adalah microblog.

Tak masalah bila saat ini kamu belum familiar dengan microblog. Simak dulu ulasan berikut ini agar terinspirasi membuat konten media sosial menarik untuk bisnismu.

Kenalan Lebih Dekat dengan Microblog

Microblog adalah konten media sosial yang menyerupai isi blog tetapi dibuat dalam versi yang jauh lebih singkat. Pada umumnya, orang menulis blog dengan kisaran 200 hingga 1.000 kata per konten, tetapi tidak demikian halnya dengan microblogging.

Kamu hanya perlu membuat konten yang terdiri dari 200 karakter atau maksimal 100 kata saja. Tak sekadar singkat, konten yang isinya ringkas ini sangat cocok bagi kamu maupun target pembaca yang tak punya banyak waktu senggang.

Baca Juga: No Free Lunch: Dalam Bisnis, Semua Pasti Ada Konsekuensinya

Seperti Apa Sih Microblogging di Media Sosial?

Sekarang, sudah banyak pengguna media sosial yang membuat konten microblog dan mengunggahnya di media sosial pribadi. Para social media strategist memanfaatkan hal tersebut untuk menciptakan konten-konten yang berkaitan dengan bisnisnya. Beberapa ciri khas microblog di media sosial antara lain:

  • Jenis media sosial yang paling sering digunakan adalah Instagram karena ada carousell mode yang dapat memuat maksimal 10 foto dan video dalam satu kali posting.
  • Tampilan kontennya dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Tidak mengandung banyak kata atau angka, sesekali juga dilengkapi grafik agar informasinya lebih padat.
  • Memuat informasi baru yang sesuai dengan tren dan belum banyak diketahui pengguna media sosial.
  • Isi konten dibuat sedemikian rupa supaya para pengguna media sosial yang menyimak jadi penasaran dan tergugah melakukan diskusi.
  • Sering dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis pada bagian akhir konten.

Bagaimana Cara Menyuguhkan Konten Bisnis yang Menarik?

Bila kamu tergugah memanfaatkan konsep microblog untuk menarik perhatian para pengguna media sosial, maka kamu wajib memperhatikan beberapa hal ini:

  • Pahami target bisnis yang akan kamu bidik. Membuat konten untuk generasi muda yang masih melanjutkan pendidikan tentu sangat berbeda bila dibandingkan dengan konten untuk generasi muda yang telah berumah tangga.
  • Berusahalah meringkas konten sesingkat mungkin agar pesannya benar-benar bisa diterima dengan baik oleh pengguna media sosial.
  • Jangan hanya berupaya memberikan motivasi yang bersifat retorika, konten-konten step by step dan how to nyatanya memiliki engagement yang lebih tinggi.
  • Sebaiknya kamu tidak mempromosikan bisnis terus-menerus. Konten tentang katalog produk atau layanan bisnis lainnya harus diimbangi dengan konten yang menghibur.

Jika kamu mulai memanfaatkan konsep microblog untuk bisnis dari sekarang, niscaya personal branding bisnismu akan semakin kuat dan populer. Yuk, mencari inspirasi untuk membuat konten-konten istimewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here