5 Minuman Hangat Khas Natal dari Berbagai Negara di Eropa

minuman khas natal di eropa
Sumber : kellehampton

Untuk menyambut Natal, musim liburan, dan tahun baru, banyak negara di Eropa mengadakan suatu perayaan, pesta, bahkan pasar Natal untuk meramaikannya. Tak sekedar makanan khas, banyak juga minuman tradisional yang bisa Anda temui dan cicipi yang memang sering dinikmati saat musim liburan saja. Tak hanya sekedar minuman biasa, beberapa minuman khas Natal di Eropa ini juga memiliki berbagai ritual di sekitarnya dan penting dalam budaya Eropa.

5 Minuman Hangat khas Natal di Negara-Negara di Eropa

Bombardino – Italia

Sumber : italiankiwi

Bombardino merupakan eggnog khas Italia yang digemari banyak orang. Bombardino menggunakan campuran zabaglione beralkohol untuk menciptakan warna oranye yang cantik. Agar lebih nikmat, bimbardino diberi whipped cream di atasnya. Minuman ini biasanya ditemukan di bar resor ski di Alpen serta sebagian besar pasar Natal di utara Italia.

Untuk menikmati bombardino dengan rasa otentik, cobalah ke pasar Asiago, dimana Anda bisa menikmati bombardino sambil mengelilingi kios-kios yang bersanding dengan latar belakang pegunungan bersalju.

Baca Juga: Jelang Natal, Ini 5 Kue Natal Unik di Dunia yang Menggemaskan

Wassail – Inggris

Sumber : wineverygame

Pada abad pertengahan, Twelfth Night melihat orang-orang bernyanyi dan minum di kebun buah dalam ritual yang dimaksudkan untuk membantu pohon apel berkembang di musim semi mendatang. Mereka minum sari apel, yang hangat dan dibumbui, yang disebut wassail. Dalam beberapa tahun terakhir, ritual ini telah dihidupkan kembali oleh orang-orang muda di Inggris, menjadi sebuah acara di beberapa tempat.

Untuk yang ingin mencicipi minuman ini, Anda bisa mendatangi London’s Mayfair dan nikmati wassail di Manetta’s Bar. Minuman ini campuran Champagne cognac dengan jus apel, pala, kayu manis, dan vanila untuk rasa yang kaya tu.

Feuerzangenbowle – Jerman

Sumber : munichnow

Jerman juga memiliki minuman khusus untuk menyambut Natal. Feuerzangenbowle sebenarnya sedikit ribet untuk diucapkan, karena itu penduduk setempat lebih suka menyebutnya sebagai glühwein yang lebih dikenal. Cara menikmati minuman ini pun sedikit rumit, anggur merah dituangkan ke dalam mangkuk yang dipanaskan di bawahnya dengan nyala api. Sebuah jeruji logam kemudian diletakkan di atas mangkuk. Gula kemudian dibakar dan dibiarkan menjadi karamel dan meleleh ke dalam anggur.

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mencicipi minuman yang satu ini adalah pasar Natal Nuremberg, yang mana tema dari pasar Natal itu didedikasikan untuk Desa Feuerzangenbowle, dimana minuman ini berasal.

Julmust – Swedia

Tak mau kalah dari negara Eropa lainnya, Swedia juga memiliki julmust sebagai minuman ringan yang populer untuk menyambut Natal. Untuk mencoba julmust, Anda hanya perlu masuk ke supermarket atau toko karena memang julmust dijual bebas. Ada beberapa produsen minuman, tetapi yang terbesar di Swedia adalah Nygårda dan Apotekarnes. Julmust sulit ditemukan di luar Swedia, tetapi, jika Anda putus asa, cobalah mencari Ikea terdekat yang sering menyimpan minuman ini selama musim Natal.

Aguonų pienas – Lithuania

Sumber : delfi

Minuman dengan kandungan alkohol mungkin menjadi minuman penting untuk menyambut Natal, tetapi tidak dengan Lituania. Negara ini memiliki gauonų pienas, yang merupakan miunuman non-alkohol yang selalu diminum di malam Natal. Minuman ini terbuat dari biji poppy yang dilunakkan dengan air panas selama beberapa hari dan dilumatkan, dan kemudian dipermanis dengan madu atau gula. Ini juga bisa disajikan sebagai makanan penutup, ditemani oleh kūčiukai, yang merupakan biskuit biji poppy kecil.

Minuman ini adalah bagian inti dari makanan Natal keluarga, jadi jika Anda tertarik untuk benar-benar mencicipinya di Lithuania, Anda lebih baik bertujuan untuk mengadakan perjamuan malam Natal tradisional dengan keluarga setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here