Cobain deh, 5 Minuman Hangat Bebas Alkohol Bikin Nagih

Saat musim penghujan, suhu di malam hari menjadi lebih dingin dari biasanya. Meningkatnya suhu dingin terkadang mengagalkan rencana karena kita mager atau males gerak. Suhu dingin acap mendorong seseorang malah meringkuk dan berselimut demi menghangatkan tubuh.

Namun, dalam beberapa budaya, alkohol bisa menjadi alternatif untuk mengatasi suasana dingin. Akan tetapi, tidak semua orang suka minuman alkohol. Nah, buat Anda yang ingin merasakan sensasi tubuh menjadi hangat berkat minuman namun tidak ingin menambahkan alkohol di dalamnya, berikut jenis minuman rekomendasi untuk Anda.

Sahlep

Sumber: Herbal Practices

Mug sahlep, minuman yang dibuat dengan susu hangat dan bubuk yang terbuat dari anggrek liar. Minuman ini populer di Turki, Yunani, dan Timur Tengah sebagai minuman bergizi untuk sarapan atau camilan sore, terutama selama musim dingin.

Sahlep berasal dari Kekaisaran Ottoman, dan bahan utamanya adalah bubuk yang terbuat dari umbi anggrek liar. Bubuk ini dikombinasikan dengan susu panas, menciptakan ramuan krim ​​yang sedikit manis dan agak terasa rempahnya.

Minuman ini juga kerap dinikmati saat berpergian menggunakan kapal feri saat melintasi selat Bosporus. Minuman ini wajib Anda coba untuk disajikan bersama simit, roti berbentuk cincin yang dilapisi wijen.

Atole

Sumber: Milk Life

Minuman ini berasal dari kata Nahuatl atolli, sebuah frasa dari bahasa Aztec. Di Meksiko, pada jaman kuno, Atole dibuat dengan memadukan jagung bubuk dengan air, tetapi sekarang lebih sering dibuat menggunakan susu panas.

Atole biasanya dijual oleh pedagang kaki lima di kota-kota di seluruh Meksiko, tetapi Anda dapat dengan mudah membuatnya di rumah. Paket bubuk atol, tersedia online atau di toko bahan makanan Latin, tersedia dalam berbagai rasa, termasuk stroberi, jambu biji, asam, kelapa, nanas, selai kacang, labu dan vanili. Minuman ini juga dapat dibuat dengan cokelat dan kayu manis, kacang hitam atau kacang-kacangan.

Baca Juga: 5 Minuman Hangat Khas Natal dari Berbagai Negara di Eropa

Caffe d’Orzo

Sumber: Caffè Portofino

Orzo bimbo, juga dikenal sebagai caffe d’orzo, adalah pengganti kopi asal Italia yang rasanya sedikit pahit dan terbuat dari gandum yang dipanggang. Warga Italia sejak kecil acap mengonsumsiroti panggang yang dicelupkan ke dalam campuran orzo, suus dan gula. 

Menu ini menjadi mengingat rasa nostalgia orang Italia atas masa kanak-kanak mereka. Sementara bagi orang dewasa, orzo kerap dibuat dengan susu dan gula. Anda dapat membeli bubuk orzo online atau mencarinya di pasar makanan khusus.

Susu Kedelai Hangat

Sumber: clube-fitness.com

Minuman ini semakin populer di Amerika Serikat selama dekade terakhir, namun negara-negara Asia seperti Korea, Jepang, Cina dan Taiwan tetap menjadi konsumen terbesarnya. Di Asia, susu kedelai hangat yang dimaniskan biasanya dinikmati untuk sarapan.

Tergoda untuk mencoba ini? Meskipun Anda bisa membeli dan memanaskannya, ada baiknya Anda membuat susu kedelai sendiri. Yang Anda butuhkan hanyalah air yang disaring, kedelai kering berkualitas tinggi, blender, dan beberapa kain katun tipis.

Susu Malt

Sumber: Pinterest

Anda mungkin akrab dengan susu malt sebagai bahan dalam milkshake dan permen, namun jarang menikmatinya sebagai minuman panas. Susu malt adalah minuman yang cukup populer du Inggris, India dan Asia Tenggara karena rasanya kaya, manis manis, dan unik.

Susu malt pada dasarnya adalah campuran tepung malt barley, gandum, susu padat dan gula. Horlicks merupakan minuman susu malt pertama yang dipatenkan sejak ditemukan pada tahun 1870-an dan menjadi andalan di rumah tangga Inggris.

Popularitasnya kemudian menyebar ke India dan Asia Tenggara. Produk serupa, seperti Carnation, Ovaltine dan Milo, telah menjadi populer di bagian lain dunia, termasuk AS, Malaysia, dan Australia.

Baca Juga: Perbedaan Milkshake dan Smoothies, Mana yang Paling Anda Suka?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here