5 Minuman Pereda Asam Lambung yang Ampuh dan Alami, Cobain Deh!

Asam lambung adalah gangguan kesehatan pencernaan yang tak boleh dianggap remeh. Gejalanya bisa mengganggu aktivitas Anda, terutama ketika Anda sedang fokus bekerja.

Salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah mengonsumsi minuman pereda asam lambung. Sehingga kondisi lambung kembali netral dan tidak rentan menyebabkan mual atau kembung. Ada beberapa minuman pereda asam lambung yang ampuh, seperti berikut ini.

Air Putih

Air putih adalah minuman pereda asam lambung yang paling sederhana dan mudah didapat. pH makanan yang terlalu asam akan dinetralkan oleh air putih agar tidak memicu peningkatan asam lambung.

Namun, air putih juga tak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Supaya kondisi mineral dalam tubuh Anda tetap seimbang.

Air Kelapa

Ada kabar baik bagi Anda yang menyukai kelapa. Ternyata, air kelapa merupakan minuman pereda asam lambung yang ampuh. Pasalnya, air kelapa mengandung kalium yang efektif menetralkan asam lambung.

Kadar keasaman lambung jadi lebih mudah dikendalikan setelah mengonsumsi air kelapa. Itulah sebabnya, konsumsi air kelapa baik untuk lambung bagi Anda yang sering makan tidak teratur.

Smoothies

Smoothies juga menjadi salah satu minuman pereda asam lambung yang efektif dan nikmat. Sebaiknya Anda memilih buah-buahan yang tidak asam untuk bahan smoothies, misalnya pisang, pir, dan semangka.

Baca Juga: Perbedaan Milkshake dan Smoothies, Mana yang Paling Anda Suka?

Kandungan vitamin dan mineral dalam smoothies akan membantu menjaga kesehatan lambung. Gunakanlah susu rendah lemak tanpa tambahan pemanis apa pun agar kandungan kalori smoothies Anda tidak berlebihan.

Susu Nabati

Susu sapi memang dikenal manjur untuk meredakan asam lambung. Namun, tak jadi masalah bila Anda alergi susu dan produk turunannya. Anda masih bisa mengonsumsi minuman alternatif berupa susu nabati yang khasiatnya tak kalah istimewa.

Pasalnya, susu nabati juga dapat meredakan asam lambung secara cepat. Beberapa jenis susu nabati yang populer antara lain susu almond, susu kedelai, dan susu kacang mede.

Teh Herbal

Banyak orang belum tahu kalau teh herbal juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman pereda asam lambung. Anda mesti mengonsumsi teh tanpa kafein untuk menetralkan asam lambung.

Pilihlah jenis teh yang terbuat dari crysanthemum, chamomile, atau licorice. Bahan-bahan alami tersebut akan meminimalkan risiko iritasi lambung. Sehingga lambung Anda akan tetap sehat dan sekresi asam lambung pun berkurang.

Jangan tunggu sampai asam lambung menyebabkan penyakit pencernaan yang lebih serius. Mulai sekarang, sebaiknya Anda mengonsumsi minuman pereda asam lambung untuk mengatasinya secara alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here