Yakin Mau Investasi? Mitos Investasi yang Ini Sebaiknya Dihindari

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan berinvestasi. Namun, masih banyak orang yang ragu untuk berinvestasi karena masih percaya pada mitos investasi.

Umumnya jika sudah mempercayai mitos-mitos investasi, calon investor jadi ragu untuk berinvestasi. Ujung-ujungnya, ia tidak jadi berinvestasi. Selain itu, ia juga bisa melakukan kesalahan berinvestasi karena mempercayai mitos-mitos tersebut.

Apa saja sih mitos investasi yang bisa menyebabkan seseorang tidak jadi atau gagal berinvestasi?

Butuh Modal Besar untuk Berinvestasi

Mitos yang menyebutkan bahwa investasi hanya bisa dilakukan dengan modal yang besar tentu saja keliru. Di zaman sekarang ini kamu sudah berinvestasi dengan yang modal kecil. Bahkan ada beberapa jenis investasi yang menawarkan profit dengan hanya bermodalkan Rp100 ribu. Salah satunya adalah reksadana.

Kamu juga bisa berinvestasi dengan cara mencicil atau menabung. Seperti misalnya saham. Yang perlu dilakukan hanyalah menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk diinvestasikan. Namun, agar mendapatkan keuntungan yang memuaskan, kamu harus melakukannya secara konsisten.

Baca Juga: Mengenal Beberapa Jenis Investasi untuk Fresh Graduate Tanpa Modal Besar

Investasi Itu Sulit

Investasi sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Berkat adanya internet, saat ini kamu sudah bisa mendapatkan semua informasi investasi dengan cepat dan mudah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memantau hasil investasi yang didapatkan dengan mudah.

Di sisi lain, ada banyak manajer investasi bisa dipilih untuk mengelola dana yang kamu miliki. Seandainya kamu ingin berinvestasi tanpa bantuan manajer investasi, kamu juga bisa melakukannya dengan mudah. Karena, saat ini ada banyak aplikasi online yang bisa digunakan untuk berinvestasi. Mulai dari emas, hingga saham. Dengan cara seperti ini, kamu bisa berinvestasi sambil bekerja atau melakukan kegiatan yang lain.

Mudah Kehilangan Uang

Mitos investasi ini juga sebaiknya kamu abaikan. Karena ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih. Jika kamu was-was akan kehilangan uang, kamu bisa berinvestasi di properti atau emas.

Selain itu, sebelum berinvestasi hendaknya kamu mengetahui profil investasimu. Apakah kamu investor yang konservatif atau yang agresif. Investor konservatif umumnya memilih instrumen investasi yang lebih aman dibandingkan investor yang agresif.

Untuk jenis investasi yang memiliki resiko tinggi, kamu bisa mempercayakan danamu pada manajer investasi. Jika ingin berinvestasi sendiri, kamu bisa terlebih dahulu memperbanyak informasi yang diperlukan. Agar kamu terhindar dari kerugian.

Investasi Bikin Cepat Kaya

Mitos investasi ini tentu saja keliru. Dengan berinvestasi kamu bisa menambah penghasilan. Dengan penghasilan yang semakin bertambah, kamu memang bisa menjadi lebih kaya. Tapi, untuk mencapai itu semua membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena investasi juga membawa resiko investasi bagi investornya.

Nah, jika kamu ingin berinvestasi sebaiknya kamu tidak mempercayai mitos-mitos investasi di atas. Yang sebaiknya dilakukan yaitu mencari informasi sebanyak mungkin tentang instrumen investasi yang kamu pilih, keamanannya, tingkat resikonya serta tingkat keuntungan yang dihasilkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here