Mitos Menulis CV yang Membuat Anda Gagal Mendapatkan Pekerjaan

Sumber: pinterest

Ketika bicara tentang menulis CV, banyak orang yang merasa bingung bagaiamana caranya agar CV mereka tidak berakhir di tumpukan penolakan. Seringkali, ada beberapa kesalahan menulis CV yang terjadi karena simpang-siurnya berbagai mitos menulis CV yang membuat orang lebih percaya mitos-mitos ini daripada fakta. Jelas, memercayai dan menuruti berbagai mitos menulis CV ini adalah cara yang buruk untuk melamar kerja. Dan harapan bahwa CV tersebut akan mengantarkan kepada proses wawancara pun menjadi gagal karena dampaknya justru sebaliknya.

Berikut Mitos Menulis CV yang Harus Anda Hindari

Tak Boleh Ada Gap dalam CV Anda

Sumber : workopolis

Apakah Anda pernah mendengar nasehat menulis CV yang bilang bahwa sebaiknya, Anda mengakali gap atau jeda dimana Anda menganggur pada CV Anda? Atau, apakah ini mitos menulis CV yang menurut Anda sesuai dengan akal sehat? Padahal, ini ternyata bukan merupakan sesuatu yang baik untuk diikuti. Kondisi perekonomian yang belum baik membuat banyak orang sempat menganggur karena kesulitan mendapatkan pekerjaan. Ini membuat orang-orang ini memiliki CV yang bagian sejarah kerjanya berlubang-lubang. Mungkin, hal pertama yang ingin Anda lakukan ketika mengetahui CV Anda tidak mulus adalah menjelaskan masa menganggur tersebut di sana. Tetapi, sebaiknya Anda menyimpan saja penjelasan ini untuk email awal Anda atau pada saat wawancara. Jangan menuliskan di CV Anda bahwa selama 18 bulan Anda menganggur tersebut Anda berjalan-jalan ke luar negeri, sibuk mencari kerja, atau terkenda dampak krisis di bidang kerja Anda. Isilah penjelasan jeda ini ketika Anda berada di hadapan manajer HRD.

Baca Juga : Menarik! Tipe Pelamar Kerja Seperti Inilah yang Mempunyai Peluang Besar untuk Diterima Perusahaan

CV yang Baik akan Membuat Anda Dapat Kerja

Pengangguran
Sumber : zoomtanzania

Salah satu mitos menulis CV yang cukup banyak dipercayai banyak orang adalah bahwa resume yang baik adalah hal yang akan membuat Anda mendapatkan pekerjaan. Padahal, anggapan popular ini salah. CV yang baik memang sangat penting, tetapi ini saja tidak cukup untuk membuat Anda dipekerjakan. CV atau resume harus menguraikan garis besar pencapaian dan pengalaman Anda. Namun, wawancaralah yang akan membuat Anda mendapatkan pekerjaan. Pada saat wawancara, Anda berkesempatan memperluas poin-poin ini dan menunjukkan bagaimana Anda bisa pas dalam perusahaan dan posisi yang dibuka.

Anda Bisa Pakai CV yang Sama Terus-Menerus

Website Perusahaan
Sumber: businessnewsdaily

Banyak pencari kerja yang membanggakan diri karena bisa mengirim 30 CV dalam waktu satu hari, tetapi malah pada akhirnya tidak mendapatkan panggilan wawancara sama sekali. Seringkali, alasannya adalah karena para pencari kerja ini menggunakan CV yang sama untuk berbagai lowongan kerja dari perusahaan atau bahkan pada posisi yang berbeda. Padahal, ini adalah hal yang nggak banget. Sebaiknya, Anda menyesuaikan CV Anda setiap kali Anda melamar pekerjaan. Semakin besar upaya Anda untuk mengkustomisasi CV Anda dengan kesempatannya, semakin menonjol pula diri Anda dibandingkan dengan para pesaing yang lain.

CV Anda Harus Berisi Semua Sejarah Kerja Anda

CV yang membosankan

Satu lagi mitos menulis CV yang sepertinya sesuai dengan akal sehat adalah bahwa setiap kali menulis CV, Anda harus menyertakan semua pengalaman kerja Anda, relevan maupun tidak dengan posisi yang Anda lamar. Padahal, HRD perusahaan dan para perekrut pada umumnya memiliki rentang perhatian yang sangat pendek. Bukan rahasia lagi bahwa mereka tak berkeinginan membaca CV berlembar-lembar halaman yang berisi setiap pekerjaan yang pernah dimiliki oleh pelamarnya. Justru, lebih sedikit bisa berarti lebih baik. Jika tidak relevan, maka hapus sajalah dari CV Anda, kecuali jika Anda memang masih baru dalam dunia kerja dan tak punya banyak pengalaman. Anda mungkin berpikir bahwa keseluruhan sejarah kerja ini akan mengantarkan Anda ke posisi yang Anda inginkan, tetapi HRD justru lebih akan tertarik pada informasi yang relevan dengan lowongan yang terpasang.

Selamat melamar kerja!