Ini Mitos Sesat Seputar Alergi yang Banyak Dipercaya oleh Banyak Orang

mitos sesat seputar alergi
sumber: alodokter

Alergi merupakan sebuah masalah kesehatan yang cukup membuat hidup terasa sedikit menderita. Jenis alergi juga sangat banyak dan bermacam-macam. Selain itu, penyebab seseorang bisa menderita alergi juga cukup beragam, namun sayangnya hal ini banyak dikaitkan dengan mitos-mitos yang sebenarnya adalah sebuah kekeliruan besar yang sayangnya banyak dipercayai oleh orang-orang. Untuk itu, dalam ulasan kali ini, Job-Like akan mengulas beberapa mitos sesat seputar alergi yang dipercaya banyak orang. Agar Anda tidak menjadi salah satu orang yang percaya dengan mitos sesat tersebut, maka simaklah ulasan berikut ini seperti yang dikutip dari laman Everydayhealth.

Beberapa Mitos Sesat Seputar Alergi yang Sangat Keliru dan Dipercaya Banyak Orang

1. Alergi Hanya Diderita oleh Anak-anak dan Remaja Saja

Tentu mitos yang satu ini sangat tidak relevan. Semua orang dari berbagai usia bisa mengidap masalah alergi. Menurut Edward Davis, seorang dokter spesialis alergi asal New Orleans menjelaskan bahwa msalah alergi bisa diderita oleh siapa saja. Memang pada umumnya gejala alergi akan muncul disaat seseorang masih dalam fase anak-anak. Tapi bukan berarti ketika anak tersebut beranjak dewasa, lantas alergi yang dideritanya semasa kecil akan hilang begitu saja. Anak yang menderita alergi harus ditangani dengan cepat dan tepat agar masalah alergi tersebut tidak terbawa hingga dirinya dewasa nanti.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ternyata Seseorang Bisa Saja Terkena Alergi Kopi, Lho!

2. Alergi Tidak Ada Obatnya

Ini juga merupakan salah satu mitos sesat seputar alergi yang dipercaya banyak orang. Banyak lapisan masyarakat yang mempercayai bahwa masalah alergi tidak ada obatnya. Namun tentu hal ini adalah sebuah kekeliruan besar. Pahamilah bahwa masalah alergi ada obatnya dan bisa disembuhkan. Menurut Dr. Edward Davis, untuk mengobati alergi pada seseorang memang dibutuhkan penanganan yang tepat. Selain itu, masalah alergi juga bisa diatasi ketika pengidapnya masih dalam usia dini, dalam hal ini, penderita alergi yang masih belum dewasa atau menginjak umur 17 tahun masih bisa disembuhkan. Penanganan alergi cukup beragam, semua tergantung dari jenis alergi yang diderita. Oleh karena itu, jika Anda merupakan orangtua yang memiliki anak dengan masalah alergi tertentu, maka segera konsultasikan masalah alergi tersebut ke dokter.

3. Alergi Disebabkan oleh Faktor Lingkungan

Salah besar! Lingkungan hidup tidak menyebabkan seseorang menjadi alergi terhadap sesuatu. Pada dasarnya alergi yang diderita oleh seseorang disebabkan oleh gen mereka sejak lahir. Lingkungan hidup memang bisa menjadi pemicu alergi seseorang kambuh, tapi lingkunan hidup tidak bisa dijadikan alasan seseorang mengalami masalah alergi. Dr. Edward Davis menegaskan bahwa alasan yang satu ini sangat tidak masuk akal. Alergi bisa hinggap pada siapa saja, dan tidak ada yang patut disalahkan atas hal tersebut. Sebab pada dasarnya alergi yang diderita oleh seseorang berasal dari gen yang terdapat di riwayat keluarganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here