5 Modal yang Harus Dimiliki Seorang Visual Merchandiser

visual merchandiser
Sumber : Visual Merchandiser

Anda pernah dengar tentang profesi visual merchandiser?

Istilah tersebut memang masih asing bagi masyarakat awam. Namun, sebenarnya profesi visual merchandiser sudah mulai populer di tanah air. Tugas utamanya adalah menyampaikan pesan yang sesuai dengan personal branding bisnis kepada pelanggan. Sehingga tujuan bisnis yang ingin dicapai pun bisa diterima dengan baik. Karena pelanggan memahami esensi yang ingin disampaikan oleh suatu brand bisnis.

Biasanya karyawan yang berprofesi sebagai visual merchandiser bertugas menyesuaikan desain interior, display produk, dan urusan visual lainnya dalam suatu bisnis.

Oleh sebab itu, profesi tersebut membutuhkan lima modal penting berikut ini:

Aktif Mengikuti Perkembangan Tren

Sumber : Monster

Desain visual dan display untuk suatu bisnis tentu tak lepas dari perkembangan tren. Karena tren apa pun yang sedang digandrungi pasti berimbas pada minat masyarakat. Misalnya, nuansa hari raya yang mempengaruhi perubahan display produk. Supaya tidak membosankan, jelas display dan interior harus berganti setiap tahun.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Diketahui Jika Ingin Jadi Jurnalis

Gerak Cepat dan Mau Menerima Kritik

Sumber : Surabaya Job Fair

Ide-ide seorang visual merchandiser memang belum tentu bisa diwujudkan sepenuhnya sesuai keinginan. Itulah sebabnya orang-orang yang menekuni profesi tersebut mesti lapang dada menerima kritik dan saran orang lain. Sebab bukan mustahil jika masukan dari orang lain memang bermanfaat. Proses perubahan display maupun desain lainnya harus dilakukan secara cepat. Agar tidak terlambat memanfaatkan momen yang sedang berlangsung.

Mencintai Dunia Seni

Sumber : Dunia Ilkom

Profesi visual merchandiser bukan hanya bisa dijalankan oleh para lulusan fakultas seni. Siapa pun bisa menekuninya asalkan mencintai dunia seni dan memiliki jiwa estetika yang kuat. Sentuhan yang berhubungan dengan keindahan memang tidak pernah memiliki standar baku. Jadi, mungkin saja Anda cocok menjalani profesi tersebut karena selalu memiliki ide-ide yang out of the box.

Memiliki Kemampuan Desain

Sumber : Bourn Creative

Lamaran kerja untuk profesi visual merchandiser biasanya menyertakan kemampuan desain sebagai salah satu syarat. Meskipun Anda tak harus mendapatkan kemampuan tersebut dari pendidikan formal. Kalau Anda memang memiliki kemampuan desain yang memadai, berarti Anda tak perlu ragu melamar pekerjaan tersebut. Karena kemungkinan besar Anda akan diterima. Jangan lupa pula menyertakan portofolio sebagai bukti konkret kemampuan desain Anda.

Punya Rasa Ingin Tahu yang Besar

Sumber : Sue-Anderson

Jangan mengabaikan rasa ingin tahu yang besar karena hal tersebut berpengaruh pada karier Anda. Profesi yang berhubungan dengan kreativitas memang menuntut Anda untuk memiliki rasa ingin tahu yang besar. Supaya Anda tergugah untuk mencari tahu tentang banyak hal dan memperdalam kemampuan Anda. Maka hasil pekerjaan pun akan senantiasa fantastis kalau Anda memiliki modal yang satu ini.

Nah, tertarik menjadi visual merchandiser?

Sudah banyak lho perusahaan korporat dan startup yang membuka lowongannya. Anda harus memiliki kesiapan yang baik jika ingin mendapatkan pekerjaan tersebut.

Beri komentar Anda tentang artikel ini