Butuh Modal Usaha? Ini Alasan Crowdfunding Layak Dipertimbangkan

Crowdfunding sebenarnya bukan hal baru. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi digital, kesempatan melakukan crowdfunding untuk pengembangan bisnis juga semakin terbuka lebar.

Crowdfunding adalah upaya mendapatkan modal lewat cara memperkenalkan bisnis yang dimiliki di sebuah platform terbuka. Di era modern ini, pyang bisa digunakan adalah platform online. Karena sifatnya yang terbuka, crowdfunding melibatkan banyak investor.

Bagi pemilik bisnis, terutama yang berskala kecil dan menengah, crowdfunding bisa dipertimbangkan untuk dijalankan. Berikut ini alasannya.

Crowdfunding Memudahkan Pemilik Bisnis Mendapatkan Modal

Agar bisa mendapatkan modal untuk berbisnis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya, mengambil kredit di bank atau meminta investor untuk menanamkan dananya. Namun, kedua hal itu memerlukan persiapan yang berbelit. Terutama untuk memenuhi jaminan modalnya.

Dengan crowdfunding, pemilik bisnis hanya perlu melakukan riset dan memilih platform yang akan digunakan. Selebihnya, yang perlu dilakukan adalah memperkenalkan bisnis lewat platform tersebut.

Crowdfunding Mengurangi Resiko Bisnis

Crowdfunding memungkinkan pemilik bisnis mengontrol risiko atas investasinya. Mengingat, pengembangan usaha yang dijalankan hanya berdasarkan besar modal yang didapatkan. Hal ini berbeda dengan meminjam di bank dengan besaran modal yang digunakan untuk pengembangan bisnis adalah modal yang diminta pada saat pengajuan kredit.

Baca Juga: Tips dan Trik Menggunakan Pinjaman Modal untuk Perkembangan Bisnis Startup

Selain itu, mengingat prosesnya dilakukan di platform yang terbuka, feedback yang didapatkan juga semakin banyak. Dengan feedback yang didapatkan, pemilik bisnis bisa mengetahui resiko apa yang akan dihadapi.

Dari sisi investor, dana yang disetorkan tidak sebesar jika berinvestasi seorang diri di sebuah perusahaan, sehingga risiko yang didapatkan jika terjadi kegagalan investasi juga kecil.

Marketing Gratis untuk Bisnis

Karena diperkenalkan di platform terbuka, dengan sendirinya bisnis yang dimiliki akan banyak dikenal orang. Bahkan sebelum Anda benar-benar melakukan pengembangan bisnis. Feedback yang didapatkan tentunya akan bermanfaat bagi pengembangan bisnis di kemudian hari.

Namun, meskipun crowdfunding mudah untuk dijalankan, tetap ada resiko bisnis yang harus diperhatikan. Di antaranya, konsep atau ide yang tidak matang, serta pemilihan platform dan waktu pelaksanaan yang tidak tepat.

Beri komentar Anda tentang artikel ini