Moladin Tawarkan Layanan Kredit Motor Baru dan Penjualan Sparepart

Moladin Tawarkan Layanan Kredit Motor Baru dan Penjualan Sparepart
Source: motorisblog

Moladin menyediakan layanan jual-beli sepeda motor baru. Startup yang telah mendapatkan pendanaan dari beberapa pemodal ventura ini juga menyediakan layanan penjualan sparepart, perawaatan motor, dan apparel.

Motor masih menjadi kendaraan pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatatkan hingga Januari hingga September 2018 terdapat 4.722.242 unit sepeda motor telah terjual. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 8,8% dibandingkan periode yang sama pada 2017. Sedangkan penjualan terbanyak berturut-turut dihasilkan oleh Honda (74,9%), Yamaha (22,5%), Suzuki (1,3%), dan Kawasaki (1,3%).

Sebagai salah satu marketplace otomotif, Moladin menyediakan kemudahan pembelian sepeda motor baru bagi penggunanya. Selain itu, startup ini juga menyediakan layanan penjualan sparepart dan apparel.

Layanan dan Fitur Moladin

Layanan dan Fitur Moladin
Foto: pricearea

Mengusung tagline ‘Ingat Motor, Ingat Moladin’, perusahaan ini hadir dengan platform all-in-one yang terintegrasi dan menghubungkan pihak-pihak yang biasanya terlibat dalam proses transaksi pembelian sepeda motor. Dengan demikian, diharapkan pengguna atau pembeli motor tidak lagi harus melewati proses panjang jika ingin bertransaksi dengan dealer atupun perusahaan leasing kredit.

Di sisi jenis sepeda motor, Moladin lebih berfokus pada penyediaan layanan penjualan sepeda motor baru. Untuk itu, startup yang didirikan oleh Jovin Hoon dan Mario Tanamas ini menyediakan fitur ‘kredit motor baru’ di situs dan aplikasinya.

Lewat fitur kredit motor baru, pengguna bisa mengetahui brand serta tipe sepeda motor yang ditawarkan. Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui besaran down payment (DP) serta tenor dari sepeda motor yang ingin dibelinya. Sedangkan pengajuan kredit dan transaksi pembayaran dilakukan secara online.

“Nanti dealer hanya perlu mengirimkan barangnya ketika pengajuan kredit konsumen telah disetujui,” ujar Mario Tanamas seperti dikutip Kontan.

Baca Juga: Lewat Carsentro, Carmudi Menyasar Pasar Offline

Foto: aromarpm

Selain melayani pengguna yang ingin memiliki sepeda motor baru, Moladin juga menawarkan beberapa produk sparepart, apparel dan perawatan sepeda motor. Layanan ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki Moladin dibandingkan marketplace otomotif lainnya. Ketiga jenis produk tersebut dapat diakses melalui fiturnya masing-masing.

Semenjak didirikan pada pada 2017 lalu, Moladin mencatatkan pertumbuhan angka pengajuan kredit motor yang cukup tinggi. Khusus tahun lalu, startup ini mengklaim telah menjual lebih dari 2,000 unit motor baru. Untuk tahun ini, target penjualan yang ditetapkan adalah 15,000 unit motor.

Untuk monetisasi, Moladin mendapatkan komisi dari dealer sepeda motor dan leasing company. Selain itu, pemasukan juga didapatkan dari vendor sparepart, apparel, dan bengkel sepeda motor.

Berada di bawah bendera usaha PT Moladin Digital Indonesia, perusahaan ini telah mendapatkan pendanaan sebesar US $1,2 juta pada pertengahan tahun lalu. Pemodal ventura yang menyuntikkan dananya di antaranya adalah East Ventures, Ethos Partners, dan Berjaya Group.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here