Mau Jadi Morning Person yang Konsisten? Yuk Lakukan 5 Hal Ini!

morning person
Sumber : Thought Co

Banyak orang menganggap bahwa menjadi morning person akan membawa banyak manfaat. Morning person adalah sebutan untuk orang yang selalu bangun lebih awal dan mulai beraktivitas sejak pagi. Sayangnya, rasa lelah dan hal-hal lainnya malah sering membuat Anda gagal bangun pagi. Akibatnya, aktivitas pun jadi agak terbengkalai dan butuh waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa menjadi morning person yang konsisten?

Menjauh dari Gadget Sesaat Sebelum Tidur

Sumber : Healthline

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menjauh dari gadget sesaat sebelum tidur. Sinar dari layar gadget akan membuat otak Anda lebih aktif dan sulit tidur. Sehingga Anda jadi tidak mudah merasa ngantuk dan bisa terjaga sepanjang malam. Sesaat sebelum beristirahat, sebaiknya Anda mulai menjauh dari gadget. Agar Anda bisa tidur nyenyak lebih cepat dan bangun dalam kondisi segar di pagi hari.

Baca Juga: Sulit Bangun Pagi? Bisa Jadi Inilah Penyebab Utamanya!

Selalu Bangun di Jam yang Sama

Sumber : Parade

Hari libur kerap membuat orang ingin bermalas-malasan lebih lama di tempat tidur. Padahal, kebiasaan ini justru bisa menganggu jadwal bangun tidur Anda. Sebaiknya Anda selalu bangun di jam yang sama setiap hari. Supaya tubuh Anda punya alarm alami yang membuat Anda mudah bangun menjelang pagi. Seorang morning person biasanya langsung bersemangat ketika akan mengawali aktivitasnya.

Menciptakan Rutinitas Pagi yang Menyenangkan

Sumber : Telegraph

Kalau Anda ingin bangun pagi dalam kondisi bersemangat, Anda harus menciptakan rutinitas pagi yang menyenangkan. Awalilah hari dengan melakukan olahraga ringan, menikmati secangkir minuman hangat, dan menonton berita di televisi. Dengan demikian, Anda tak perlu terburu-buru berangkat kerja. Hal-hal sederhana tersebut sangat baik untuk kebugaran tubuh dan kesehatan psikis Anda.

Waktu yang Tepat untuk Menyudahi Makan

Sumber : Betty Crocker

Kondisi perut yang terlalu kenyang akan membuat Anda sulit tidur nyenyak di malam hari. Jadi, sebaiknya Anda menyudahi makan minimal tiga jam sebelum tidur. Jika ingin tidur lebih nyenyak, Anda bisa menikmati secangkir susu atau teh hangat. Kedua jenis minuman tersebut sangat efektif menghilangkan stres dan memberikan efek relaksasi yang membuat Anda mudah tertidur.

Jangan Langsung Menggunakan Smartphone Saat Bangun Tidur

Sumber : Deposit Photos

Hal apa yang Anda lakukan sesaat setelah bangun tidur?

Langsung menggunakan smartphone saat bangun tidur bukanlah pilihan terbaik. Seorang morning person akan memulai harinya dengan aktivitas yang lebih berkualitas. Jangan sampai Anda terlalu asyik menggunakan smartphone hingga akhirnya kesiangan dan terburu-buru berangkat kerja.

Tak ada kata mustahil kalau Anda ingin menjadi morning person yang konsisten. Cobalah bangun lebih awal dan rasakan manfaatnya bagi diri sendiri. Pasti Anda akan semakin bersemangat dan lebih produktif dari biasanya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini