Motor Bermasalah, Pembalap Ducati Belum Keluarkan Kemampuan Terbaiknya

Motor Bermasalah, Pembalap Ducati Belum Keluarkan Kemampuan Terbaiknya
Sumber: motonotizie

Direktur teknis Ducati mengaku bahwa motor yang akan digunakan musim ini masih membutuhkan penyempurnaan. Oleh karenanya kedua pembalap Ducati belum bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Hasil ujicoba pramusim kedua dan ketiga yang baru saja dilalui nampaknya masih belum memuaskan tim MotoGP Ducati dan pembalapnya. Hal tersebut sedikit banyak disebabkan oleh tidak digunakannya lagi winglet di musim ini.

Efek hilangnya winglet lebih terasa saat Jorge Lorenzo dan Andrea Dovisiozo menggeber motor mereka di Phillip Island, Australia, di ujicoba pramusim ketiga. Dua pembalap Ducati tersebut berada di posisi ke 7 dan 8 di hari terakhi ujicoba.

“Di Sepang kami tidak begitu merasakannya, tapi di Phillip Island sangat terasa., apalagi disana ada banyak angin. Di gigi keenam, bagian depan motor mulai bergoyang dan saya terpaksa harus menurunkan gas. Sepang sirkuitnya banyak tikungan, karena itu kami tak begitu merasakannya,” ungkap Lorenzo seperti dikutip Motorsport.

Sebagai catatan, Ducati dan tim MotoGP lainnya telah melakukan tiga kali ujicoba pramusim. Sebelum di Sepang dan Phillip Island, ujicoba dilakukan di Valencia. Di Valencia, Ducati masih menggunakan motor 2016 dengan winglet masih terpasang, sedangkan di dua kali ujicoba berikutnya, Ducati menggunakan motor baru mereka yakni Desmosedici GP17.

“Ada yang tidak beres dan kami masih berusaha untuk mencarinya. Kami sedang mencari cara agar saya bisa masuk ketikungan dengan cepat., pendek kata (agar) lebih cepat di tikungan,” ujar Lorenzo lagi.

Pembalap Ducati Kembali Gelar Ujicoba

Pembalap Ducati Kembali Gelar Ujicoba
Sumber: bikesrepublic

Selain Jorge Lorenzo, direktur teknis Ducati, Paolo Ciabatti, juga mengakui ada bahwa motor yang digunakan masih harus disempurnakan. Di sesi wawancaranya dengan GPOne Ciabatti juga menyatakan bahwa karakter sirkuit Phillip Island telah membuat mereka mengetahui kemampuan sesungguhnya dari motor yang dimiliki.

“Setiap sirkuit memiliki karakteristik tersendiri, kami sadar bahwa akan ada 18 sirkuit di musim ini dan kami ingin agar selalu berada di setiap podium. Kami harus mencari solusi agar selalu bisa konsisten bersaing,” ujar Ciabatti.

Saat ditanyakan mengenai pendapat Jorge tentang performa motor yang digunakannya pada ujicoba yang lalu, Ciabatti menyatakan bahwa Lorenzo belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan masih menyesuaikan diri dengan motor yang digunakan.

“Jorge masih mencoba mengerti motor yang digunakan. Dia merupakan pembalap yang sangat methodical dan ingin agar semuanya sempurna sebelum memulai. Jorge masih menyimpan kemampuannya,” ujar Ciabatti.

Ujicoba pramusim berikutnya akan digelar di sirkuit Losail, Qatar, pada 10 hingga 12 Maret. Sedangkan balapan pertama MotoGP tahun ini akan digelar di sirkuit yang sama pada tanggal 26 Maret. Musim lalu Jorge Lorenzo memenangkan balapan di sirkuit Losail saat masih bersama tim Yamaha. Sedangkan posisi keduanya ditempati oleh Andrea Dovisiozo.

Meski demikian, pihak Ducati telah mengumumkan bahwa mereka masih akan melakukan ujicoba lagi usai balapan Losail digelar. Ujicoba private tersebut akan digelar di sirkuit Jerez, Spanyol, selama dua hari. Dengan demikian, fans Ducati masih belum akan menyaksikan fairing baru (non-winglet) di motor Ducati yang digeber Lorenzo dan Dovisiozo di balapan pertama nanti.

Sebelumnya Honda juga telah menyatakan diri untuk menggunakan 2 hari dari jatah 5 hari yang diberikan untuk melakukan ujicoba private. Ujicoba Honda digelar pada 24 dan 25 Februari.