Menyasar Segmen Motor Bekas, Motoran Diawasi Petinggi Zalora

Menyasar Segmen Motor Bekas, Motoran Diawasi Petinggi Zalora
Source: otosia

Marketplace motor bekas, Motoran, menghubungkan penjual dan pembeli motor bekas. Startup ini didirikan oleh Ranggaswara dan Fariz.

Motor masih menjadi salah satu alat transportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Karenanya jumlah transaksi motor terbilang cukup besar jumlahnya. Dalam setahun tercatat lebih 20 juta unit motor ditransaksikan. 8 juta di antaranya merupakan motor bekas.

Motoran mencoba menghadirkan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi motor bekas. Baik di sisi penjual maupun pembeli. Perusahaan yang berada di bawah bendera usaha PT Motoran Teknologi Indonesia ini didirikan oleh Ranggaswara Prasetya dan Fariz Mochammad.

Motoran Tawarkan Kenyamanan Bertransaksi Motor Bekas

Motoran memudahkan pembeli dalam menentukan kondisi dan harga sebenarnya dari sebuah motor bekas. Dengan demikian, pembeli akan mendapatkan harga yang terbaik berdasarkan harga pasaran. Untuk itu, Motoran memberlakukan sistem inspeksi terintegrasi yang meliputi pengecekan mesin, body, transmisi, suspensi, elektrikal dan lain-lain.

Motoran Tawarkan Kenyamanan Bertransaksi Motor Bekas
Foto: motoran

Sedangkan di sisi penjual, startup ini membantu para penjual dan dealer agar motor-motor yang dijual tidak dipersepsikan mahal harganya. Selain itu, Motoran membantu dealer meningkatkan kenyamanan pembelian dengan cara menambah masa garansi dari yang biasanya 1 bulan menjadi 3 bulan.

Untuk memperluas jaringan penjual motor bekasnya, Motoran telah bekerjasama dengan 125 dealer motor bekas serta leasing company dan ATPM.

Layaknya marketplace online lainnya, Motoran sudah meluncurkan aplikasi. Lewat aplikasi tersebut pembeli bisa langsung melakukan negosiasi dengan penjual dan memilih opsi pembayaran.

Startup yang sudah beroperasi mulai bulan Oktober lalu ini berada dibawah pengawasan para profesional yang cukup berpengalaman di ranah marketplace dan payment gateway. Salah satunya adalah Tyler Norwood yang merupakan Head of Marketplace Zalora Vietnam. Selain itu, ada juga Setiawan Adhiputro yang merupakan Director of Legal OVO.

Baca Juga: Movic: Geliat Astra Grup di Ranah Digital

Foto: motoran

Ranggaswara sendiri pernah bekerja sebagai Co-Head di GoTix dan VP of Product Awan Tunai. Sedangkan Fariz punya pengalaman di industri otomotif. Fariz pernah menempati posisi Business Development Manager di Astra Internasional. Keduanya mendirikan Motoran dengan bantuan pendanaan dari perusahaan ventura asal Singapura, Antler.

Selain oleh perusahaan ini, layanan jual beli motor bekas online juga disediakan oleh Momotor. Momotor berada dibawah naungan Adira Finance. Selain itu Carmudi juga menyediakan layanan serupa. Sedangkan Otomoto menawarkan layanan yang sedikit berbeda. Startup ini menyediakan layanan estimasi nilai dan harga sebuah motor bekas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here