Menabung dengan Gaji UMR Tidak Mustahil Bila Sudah Tahu Siasatnya

Jumlah gaji bukanlah patokan utama untuk menabung. Karena ternyata tidak sedikit orang-orang bergaji besar yang justru tidak punya tabungan sama sekali. Itulah sebabnya, kamu tak perlu merasa apatis untuk mulai menabung dengan gaji sebesar Upah Minimum Regional (UMR).

Kalau kamu melakukan beberapa siasat ini, niscaya menabung dengan gaji UMR akan memperlihatkan hasil maksimal dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Mengurangi Jumlah Uang Tunai di Dompet

Uang tunai dalam jumlah banyak di dompet akan membuatmu jadi lebih boros dan lebih mudah membeli sesuatu. Jadi, sebaiknya kamu mengurangi jumlah uang tunai yang disimpan di dompet.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengandalkan kartu debit dan e-wallet ketika melakukan transaksi. Sekarang ada banyak platform e-wallet yang menawarkan cashback menarik. Menabung dengan gaji UMR pun tak sulit lagi jika kamu punya banyak kelebihan uang untuk disimpan setiap bulan.

Baca Juga: Mau Mengajukan KPR untuk Karyawan Kantoran? Sudah Tahu Ini Belum?

Membuat Satu Rekening Khusus

Jika jumlah uang di rekeningmu senantiasa menggoda untuk dibelanjakan, berarti kamu harus membuat satu rekening khusus. Gunakan rekening baru untuk menabung dengan gaji UMR.

Bila perlu, kamu bisa menggunakan sistem autodebet agar jumlah uang tabungan setiap bulan selalu sama. Sehingga nanti kamu tinggal mengandalkan sisa uang yang ada untuk memenuhi berbagai kebutuhan sampai akhir bulan.

Cermat Berhemat Saat Belanja

Tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan utama sering kali membuat seseorang jadi cenderung boros. Itulah sebabnya, kamu harus cermat berhemat saat belanja. Luangkan waktu untuk membandingkan promo termurah di beberapa supermarket.

Bila perlu, kamu juga bisa belanja di pasar tradisional demi mendapatkan harga murah. Kebutuhan utama diri sendiri dan keluarga pun akan tercukupi tanpa menguras isi kantong.

Mencari Alternatif Hiburan yang Lebih Hemat

Bukan rahasia lagi kalau generasi milenial suka menguras isi dompet untuk kesenangan pribadi. Akibatnya, tak bisa menabung dan tak memiliki dana darurat.

Bila kamu bertekad menabung dengan gaji UMR, mulailah mencari alternatif hiburan yang lebih hemat. Misalnya, mencari kedai kopi susu yang harganya murah, berburu objek wisata gratis, dan wisata kuliner yang harganya terjangkau.

Jadi, kamu bisa memiliki sisa uang dalam jumlah banyak karena tidak terbebani dengan gaya hidup serba mewah.

Ikut Bermain Arisan

mengocok arisan uang
Sumber: Nextren

Arisan ternyata merupakan salah satu cara terbaik untuk menabung dengan gaji UMR. Kamu bisa mengikuti arisan di kisaran ratusan ribu bila ingin menyisihkan uang secara teratur.

Semakin banyak anggota arisan, maka semakin besar pula uang yang bisa kamu dapatkan dalam kurun waktu tertentu. Kamu bisa mengambil arisan duluan bila ingin menggunakannya untuk investasi atau menahannya sampai akhir periode sebagai bentuk simpanan dana darurat.

Kebiasaan menabung harus dilakukan sejak dini, bahkan sejak gajimu masih UMR. Jangan mencari-cari alasan untuk hidup boros hingga tak memiliki tabungan sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here