Yuk, Tingkatkan Potensi Diri dengan Mulai Berbicara Positif

Kebanyakan orang tidak sadar jika dirinya telah melakukan sabotase terhadap kesuksesan yang harusnya dicapai. Ini terjadi ketika seseorang melupakan hal-hal yang mampu meningkatkan kemampuan diri dan kesempatan untuk sukses. Karenanya, bersikap untuk memotivasi diri sendiri dengan berbicara positif sangat penting untuk menuju tangga sukses.

Biasakanlah untuk berbicara positif dan menghindari kalimat-kalimat negatif seperti, “Saya tidak bisa,” atau “Pekerjaan ini sulit…”. Jangan khawatir bila Anda belum terbiasa karena berbicara positif bisa dilatih. Sebagai langkah awal, Anda bisa mengikuti beberapa arahan dari ulasan berikut.

Gestur dan Bahasa Tubuh

Dimulai dari hal yang paling dasar yaitu mengenai bagaimana tubuh Anda ikut berkomunikasi. Gestur dan bahasa tubuh menjadi penting karena bisa menstimulasi Anda untuk berbicara hal-hal yang lebih positif. Anda harus memahami bagaimana cara berekspresi, posisi tangan saat berbicara, pundak yang kokoh, dan kontak mata yang dibutuhkan untuk meyakinkan lawan bicara. Jika Anda sudah berhasil menerapkan kebiasaan ini, maka apa yang Anda bicarakan akan terdengar lebih powerful bagi lawan bicara.

Jadilah Seseorang yang Optimis

Saat berbicara mengenai apa yang tidak bisa Anda lakukan, maka itulah hal yang membuat Anda sulit meningkatkan kemampuan diri lebih optimal. Kata-kata negatif seperti “Saya tidak bisa, saya tidak mau, saya membutuhkan …” sebaiknya mulai dikurangi dan diganti dengan “Saya bisa melakukan itu” atau “Saya akan melakukan itu”.

Baca Juga: Selalu Positif, Inilah Cara Hidup yang Tepat dan Bebas dari Depresi!

Tinggalkan Kata “Maaf” saat Memberikan Opini

Meningkatkan Kemampuan Diri

Setiap orang memiliki kesempatan untuk memberikan pendapatnya berdasarkan sudut pandang masing-masing. Saat Anda hendak memberikan opini pada sebuah diskusi, jangan lagi gunakan kata “maaf” sebagai kalimat pembuka. Kebiasaan ini secara otomatis menyulitkan Anda untuk meningkatkan kemampuan diri karena Anda terkesan ragu dengan kebenaran dari opini yang hendak diutarakan.

Berhenti Mengucapkan “Saya akan mencoba…”

Meningkatkan Kemampuan Diri

Ketika seseorang mengatakan, “Saya akan mencoba menemui Anda besok” itu artinya ada peluang orang tersebut tidak jadi menemui Anda. Sebaiknya singkirkan kata “coba”, sebab saat Anda mengatakan akan mencoba melakukan sesuatu, berarti ada alasan yang bisa digunakan untuk tidak melakukan hal tersebut.

Mengubah Masalah Menjadi Kesempatan

Meningkatkan Kemampuan Diri

Semua orang tentu memiliki masalah masing-masing. Jadi saat Anda berbicara soal masalah kepada orang lain, itu tidak akan menyelesaikan masalah. Orang-orang yang berhasil dengan pencapaian hidupnya ternyata mengalami banyak masalah dan itu sungguh menguntungkan. Sebab setiap ada masalah mereka mengganti kata “masalah” menjadi “peluang” dan menganggap masalah sebagai tantangan menarik yang harus diselesaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here