Gaji Kecil, Mungkinkah Nabung Minimal 1 Juta per Bulan?

nabung minimal 1 juta
Sumber : InternationalConference

Anda yang berstatus sebagai karyawan ataupun wirausahawan pastilah sering merasa gaji yang Anda peroleh tiap bulan terlalu sedikit. Kebiasaan dan gaya hidup yang semakin modern tentunya membuat Anda menjadi boros dan menghabiskan gaji Anda untuk kebutuhan sekaligus keinginan yang seakan tak ada habisnya. Banyaknya pengeluaran tiap bulannya sering kali membuat orang-orang lupa untuk menabung. Padahal menabung sangatlah krusial untuk dilakukan guna menata masa depan yang mapan secara finansial. Jika menyisihkan sedikit gaji Anda sering terasa sulit, mungkinkah jika nabung minimal 1 juta per bulan mampu Anda lakukan? Jawabannya, tentu saja mungkin. Dengan 4 cara berikut, menabung dengan nominal minimal 1 juta per bulan tentunya tak lagi mustahill. Yuk, coba!

Gaji Anda kecil? Jangan khawatir, ikuti 4 cara ini, Anda kini bisa nabung minimal 1 juta per bulan!

Tabung di Awal

menabung

Banyak orang yang menabung dengan uang yang sisa di akhir bulan. Kebiasaan ini sebaiknya segera Anda ubah. Mulai sekarang, sisihkanlah uang untuk tabungan di awal gajian. Jangan hanya menabung jika gaji Anda bersisa, akan tetapi dari awal menerima gaji sebaiknya Anda terlebih dahulu menyisihkan uang untuk ditabung secara konsisten. Ada baiknya untuk menetapkan nominal yang akan secara rutin Anda tabung. Dengan menabung di awal gajian, pengelolaan keuangan Anda tentunya akan lebih terkendali juga menghindari gaji cepat habis.

Baca Juga : Cara Cerdas Menabung yang Efektif bagi Orang Boros

Jangan Gengsi, Bawa Bekal dari Rumah

Sumber: Ipapa

Mewujudkan nabung minimal 1 juta per bulannya memanglah tidak mudah. Ada kebiasaan yang harus Anda ubah ataupun harus Anda mulai dari nol. Jika Anda terbiasa untuk membeli makan siang dari kantin ataupun dari luar, mulai sekarang Anda bisa membiasakan diri membawa bekal sendiri dari rumah. Bekal yang dibawa sendiri dari rumah tentunya akan memangkas pengeluaran harian Anda. Belum lagi jika biasanya Anda sulit ataupun gengsi untuk menolak ajakan teman untuk makan siang di kafe atapun resto yang terbilang mahal. Tidak hanya menghemat pengeluaran, membawa bekal sendiri tentunya juga akan lebih menyehatkan tubuh Anda. Makanan yang dimasak oleh orang rumah tentunya lebih terjamin sehat dan higienis.

Naik Transportasi Umum

Alat Transportasi
Sumber: Piapiamaniez

Cara lain yang bisa Anda tempuh untuk mewujudkan kebiasaan menabung demi masa depan ialah dengan mengurangi pengunaan kendaraan pribadi. Cara ini juga bisa menghemat pengeluaran harian Anda setiap harinya. Pernahkah Anda benar-benar menghitung pengeluaran yang Anda habiskan jika berkendara dengan kendaraan pribadi? Mulai dari bensin, biaya parkir, tol, hingga perawatannya. Bandingkan dengan pengeluaran jika Anda menaiki transportasi umum. Tentunya, akan jauh lebih hemat. Selain itu, untuk mencapai tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh, Anda bisa membiasakan diri untuk berjalan kaki. Tidak hanya hemat, berjalan kaki juga tentunya akan menyehatkan tubuh dan mengurangi polusi udara.

Buat Skala Prioritas

prioritas

Menabung di awal bulan tentunya akan mengurangi jumlah uang yang bisa Anda belanjakan selama satu bulan. Tentunya, ini baik bagi Anda agar lebih penuh pertimbangan saat hendak mengeluarkan uang. Dengan sisa gaji yang Anda miliki, Anda harus mampu mengelolanya dengan baik agar berkecukupan, dan semakin baik jika masih memiliki sisa di akhir bulan. Kuncinya, kendalikanlah keinginan Anda. Untuk itu, Anda perlu membuat skala prioritas dalam rencana pengeluaran Anda. Misalnya, saat hendak berbelanja kebutuhan, sebaiknya buatlah terlebih dahulu daftar belanja dari rumah. Masukkanlah daftar barang yang benar-benar menjadi kebutuhan Anda, serta pertimbangkanlah berkali-kali sebelum memutuskan untuk membelinya.

Mewujudkan sistem nabung minimal 1 juta per bulan kini tidaklah lagi sulit, jika Anda bisa secara konsisten menerapkan keempat tips di atas. Selalu ingatlah bahwa kesenangan yang Anda korbankan sekarang ini Anda lakukan demi menata masa depan yang mapan secara finansial. Walau mencapainya tidaklah mudah, namun tidaklah mustahil jika ada niat yang kuat. Selamat menabung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here