Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Nasehat Karir Umum Tak Membantu Pencarian Kerja Anda

nasehat karir umum
Sumber : thebalance

Anda mungkin cukup jeli dalam memilah nasehat karir yang buruk, namun bagiamana seandainya nasehat karir umum terbaik pun yang Anda tahu berhasil membantu banyak orang dalam mencari kerja, ternyata tidak berhasil bagi Anda? Anda bisa tergoda untuk menyerah begitu saja. Namun, nasehat karir umum bukanlah satu-satunya opsi Anda. Berikut adalah beberapa ide yang bisa Anda lakukan ketika mengikuti nasehat pencarian kerja yang biasa ternyata tidak membawa banyak kesuksesan bagi Anda.

Jangan Ikuti Beberapa Nasehat Karir Umum Berikut

Jangan Spesik terhadap Apa yang Anda Inginkan

Sumber: pab

Kita sering mendengar bahwa menjadi spesifik dan strategis terhadap apa yang kita inginkan adalah cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, nasehat karir umum ini bisa tidak berhasil bagi beberapa orang, meskipun sangat efektif bagi orang-orang lainnya. Terutama jika Anda masih mencari kerja pertama untuk level pemula. Karena, pada hari ini, memiliki gelar sarjana saja tidak cukup. Setiap kandidat harus punya pengalaman kerja, baik melalui magang atau mencari kerja paruh waktu. Bahkan, meskipun Anda sudah punya pengalaman magang, mendapatkan pekerjaan pertama masih bukanlah hal yang mudah.

Karena itu, jika Anda baru lulus, coba perluas pencarian kerja Anda pada sebuah bidang, misalnya komunikasi dan public relations. Perluaslah horizon dan jangkauan Anda. Anda bisa juga mencoba mencari peran-peran yang kesulitan dipenuhi oleh perusahaan. Ini bisa menjadi batu loncatan meskipun bukan posisi ideal di awal.

Baca Juga : 3 Aturan Pencarian Kerja Kuno yang Sebaiknya Anda Langgar

Jangan Sibuk Memperluas Jaringan

perluas jaringan

Memang, memiliki jaringan profesional yang luas adalah sebuah hal yang baik, dan Anda tak pernah tahu kesempatan semacam apa yang bisa muncul dari interaksi baru. Namun, jika waktu Anda terbatas, seperti banyak orang, maka berusaha mencari-cari jaringan terus mungkin bukanlah cara yang efektif untuk mendapatkan kerja, tak peduli apa yang Anda dengar dari berbagai nasehat karir umum tentang membuat jaringan.

Kemungkinan, Anda memiliki beberapa orang pada jaringan Anda saat ini yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan atau mengetahui peluang. Orang-orang ini bisa termasuk mereka yang memiliki jabatan yang sama dengan Anda, orang-orang yang terkait dengan industri atau peran Anda namun memiliki tanggung jawab berbeda, orang-orang yang satu atau dua level di atas Anda, dan bahkan orang baru yang baru memulai karir mereka. Mereka ini adalah kontak berharga yang Anda miliki. Perbaiki hubungan dengan mereka dan manfaatkan segala peluang yang bisa Anda dapatkan.

Namun, tentu saja, untuk mendapatkan manfaat, Anda juga harus mau memberi. Misalnya, Anda mungkin merekomendasikan seorang kandidat kepada rekan kerja senior ketika Anda tahu mereka butuh bawahan. Atau, Anda bisa berbagi pelajaran dan menjadi rekan satu sama lain dalam menghadiri berbagai acara.

Jangan Mencari Mentor

mentor

Tidak ada yang bisa sukses sendirian, jadi tak heran berbagai nasehat karir umum menyarankan Anda untuk mencari mentor yang bisa membantu Anda. Sayangnya, ini bukan ha yang mudah. Seorang mentor haruslah merupakan pemimpin di bidang kita dimana kita bisa meminta nasehat saat ada masalah. Ia juga harus berinvestasi pada karir kita sebesar diri kita sendiri. Tentu saja, ini merupakan sebuah hal yang sangat baik jika kita bisa menemukan, namun orang-orang yang sibuk dan penting jarang punya waktu untuk jadi pelatih karir gratisan.

Karena itu, daripada fokus menemukan orang yang bisa memberi kepada Anda, fokus saja kepada apa yang bisa Anda berikan. Anda bisa memulai ini di tempat kerja dengan memastikan Anda memenuhi semua aspek deskripsi kerja Anda, dan ketika memungkinkan, melampauinya.

Semoga sukses!

Beri Komentar Anda

komentar