Perjuangan Pelamar Kerja Bertahan di Tengah Pandemi, Tetap Semangat!

Pelamar kerja yang sedang dalam proses rekrutmen mungkin untuk sementara waktu terpaksa menanti kabar. Pasalnya, wabah Covid-19 menjadi salah satu alasan terhambatnya proses rekrutmen di beberapa perusahaan. Bahkan, perusahaan sengaja menunda merekrut orang baru demi mempertahankan keuangan perusahaan.

Wabah Covid-19 tentu tidak serta merta menghentikan perjuangan para pelamar kerja. Di tengah pandemi yang meresahkan ini, tentu masih ada kesempatan sekecil apa pun yang harus dicoba.

Perjuangan Terpaksa Tertahan sejak Wabah Covid-19 Melanda

Alih-alih mencari karyawan baru, sebagian perusahaan jelas langsung menghentikan proses rekrutmen. Bagaimana pun juga karyawan yang sudah ada sekarang harus menjadi prioritas untuk dipertahankan dan diselamatkan dari ancaman PHK. Wajar rasanya kalau HRD mendadak harus menutup lowongan kerja yang terlanjur sudah dibuat.

Pandemi ini harus diakui memang menjadi penghalang besar. Semakin banyak pencari kerja yang nasibnya tidak menentu karena belum ada kepastian lanjutan dari perusahaan. Untuk sementara ini pasti ada beberapa pencari kerja yang hampir dipastikan tidak akan mendapat panggilan dalam waktu dekat.

Jadwal Interview Pun Sebagian Dialihkan via Online

Bagi perusahaan yang sudah terlanjur memproses para kandidat hingga proses interview, mau tidak mau harus tetap dilanjutkan. Sebagian perusahaan menyediakan kebijakan untuk melakukan interview secara online bagi pelamar kerja yang lolos. Bisa jadi ini menjadi salah satu strategi perusahaan untuk menyiapkan karyawan yang siap bekerja secara remote.

Tantangan bagi pencari kerja saat interview online adalah menyesuaikan diri dengan kondisi baru. Tentu ada rasa canggung atau kikuk saat pertama kali harus interview online ini. Di saat pandemi ini, interview online jadi satu-satunya jalan untuk melanjutkan proses rekrutmen.

Baca Juga: Tips Mencari Lowongan Kerja Online agar Lekas Menemukan yang Tepat

Pelamar Kerja Masih Bisa Apply ke Perusahaan yang Membuka Lowongan

Meski lowongan pekerja mulai terasa makin sepi, ternyata ada juga beberapa perusahaan yang masih aktif membuka lowongan. Di saat genting ini, beberapa pencari kerja bisa mencari kesempatan di lowongan kerja yang masih ada. Siapa tahu ada kualifikasi yang cocok untuk dilamar.

Sambil menanti proses rekrutmen baru, ada baiknya pencari kerja mulai rutin memperbaharui CV dan portofolio. Siapa tahu sewaktu-waktu mendapat panggilan untuk mengikuti proses rekrutmen. Intinya, siapkan “amunisi” yang tepat selagi menunggu panggilan kerja.

Bekerja Lepas Menjadi Alternatif untuk Mengisi Kekosongan Waktu

Kondisi sepi panggilan kerja memang bisa membuat seseorang sedih dan kecewa. Namun, jangan terlalu lama membuang waktu untuk meratapi nasib. Carilah pekerjaan sambilan yang bisa dilakukan dengan mudah, misalnya menjadi freelancer.

Sekarang ini banyak jenis pekerjaan lepas yang bisa dicoba, mulai dari content writer, translator, hingga graphic design. Bekerja lepas bisa menjadi alternatif terbaik selagi menunggu panggilan. Selain itu, pencari kerja juga dapat menambah pengalaman sebelum bekerja nanti.

Semoga para pelamar kerja belum menyerah di tengah pandemi kali ini. Bersama-sama kita pasti bisa melewati situasi serba sulit ini. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here