Menemukan Pekerjaan Baru Lewat Networking, Kenapa Nggak?

Ada beberapa orang yang terkesan butuh waktu lama untuk mendapatkan pekerjaan baru, tapi ada juga yang lebih cepat. Menemukan pekerjaan baru tidak selalu menjadi perkara yang sulit jika Anda memiliki networking alias jaringan pertemanan yang luas. Berikut penjelasan kenapa networking dapat membantu Anda menemukan pekerjaan baru.

Memperluas Jaringan Pertemanan Bisa Jadi Peluang Menemukan Pekerjaan Baru

Pernahkah Anda mendengar istilah bahwa semakin bertambah usia kita, semakin sedikit teman yang dimiliki? Pendapat ini mungkin ada benarnya, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa membuka pertemanan di luar circle Anda. Jadi, Anda wajib memperluas jaringan pertemanan agar lebih “melek” dengan dunia.

Cara paling mudah adalah cobalah untuk berinteraksi dengan teman dari rekan terdekat Anda. Dengan perkenalan sederhana ini, tanpa sadar Anda pun bisa mendapatkan beberapa teman baru dengan background yang berbeda. Bukan tidak mungkin, Anda bisa lebih tahu dunia baru loh.

Gali Hobi Anda, Siapa Tahu Bisa Bertemu Komunitas yang Tepat

Apa sih hobi Anda? Pernah nggak kepikiran untuk bisa mengembangkan hobi Anda dengan berkumpul dengan orang-orang yang punya kegemaran sama? Dimulai dari hal menyenangkan ini, Anda bisa berpeluang menemukan pekerjaan baru loh.

Ikutlah beberapa diskusi dengan komunitas yang satu frekuensi dengan Anda. Berkumpul dengan komunitas biasanya membuat Anda lebih rileks dan santai. Obrolan santai dengan komunitas bisa berubah menjadi ide menarik untuk membuat proyek bersama-sama. Menarik kan?

Baca Juga: Penting, 5 Manfaat Networking Mengembangkan Karier Anda

Bangun Kualitas Hubungan yang Baik dengan Komunitas

Ingat, jangan hanya aktif di komunitas hanya untuk sekadar membangun jaringan. Anda perlu memiliki kesadaran untuk ber-networking demi membangun diri. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk membangun kualitas hubungan yang baik di komunitas yang Anda ikuti.

Anggota komunitas kadang saling berbagi tentang lowongan pekerjaan yang mungkin sesuai dengan kemampuan Anda. Anda akan menjadi orang pertama yang direkomendasikan bila kapasitas Anda diketahui orang lain.

Ternyata komunitas bisa berguna untuk menemukan pekerjaan baru juga kan?

Menemukan Pekerjaan Baru Kadang Dimulai dari Basa-Basi Obrolan Seputar Pekerjaan

Selain melalui komunitas, obrolan basa-basi di tempat-tempat publik pun bisa mempertemukan Anda dengan pekerjaan baru. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk sesekali juga tidak terlalu cuek ketika ada di tempat publik, cobalah bangun komunikasi dengan orang baru.

Meski kemungkinan dari cara ini tidaklah cukup besar, ada kalanya berbagi cerita tentang pekerjaan dengan orang baru bisa membuka wawasan Anda juga kok. Ya, siapa tahu dari kebiasaan ini suatu saat nanti ada pekerjaan baru hadir untuk Anda.

Nah, ternyata membangun networking banyak manfaatnya juga kan. Semoga Anda punya peluang mendapatkan pekerjaan baru melalui jaringan pertemanan ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here